ASYIKNYA BERWISATA SAMBIL MEMBACA

Keindahan alam wisata Pulau Bangka Belitung memang sudah tidak diragukan lagi.  Salah satunya Pantai Tongaci yang berada di Pulau Bangka. Pantai Tongaci berlokasi di jl. Kampung Pasir Sungailiat Bangka. Pantai Tongaci dibuka untuk umum sejak Januari 2015 dan diresmikan pada tanggal 08 September 2016 oleh Mentri Pariwisata yaitu Arief Yahya dalam sebuah event bertajuk “Bangka Culture Wave 2016”. Pantai Tongaci ini terbilang cukup unik dan menarik untuk dikunjungi, karena banyak hal kreatif yang didapat oleh pengunjung. Di Pantai ini ada penangkaran penyu, yang terdapat ratusan tukik jenis Penyu Hijau dan Penyu Sisik beragam ukuran yang dibesarkan di beberapa kolam tepi pantai. Sebuah kolam besar berisi puluhan penyu dewasa yang menjadi objek menarik dan edukatif bagi anak-anak. Terdapat juga kafe plus musik, kompleks patung tentara China yang diberi nama Terracotta Army dan juga Galery Museum. Museum ini berisi koleksi barang-barang antik, mulai dari keramik, alat musik, elektronik, peralatan perang dan juga kendaraannya. Barang-barang tersebut tidak bisa disentuh dan juga tidak boleh difoto.

Selain Galery Museum di pantai ini ada yang lebih menarik lagi, yaitu Library Garuda atau Perpustakaan Garuda. Perpustakaan ini menyimpan berbagai koleksi judul buku. Buku-buku tersebut disusun  rapi di dalam rak buku yang bentuknya sangat unik dan menarik pengunjung. Buku-buku ini berasal dari berbagai daerah, ada yang dari dalam negeri dan ada juga dari luar negeri. Buku yang disediakan ada yang menggunakan Bahasa Indonesia dan ada juga Bahasa Asing. Koleksi buku yang ada di Perpustakaan Garuda merupakan koleksi dari owner. Setiap bulan jumlah koleksi buku di Perpustakaan Garuda selalu bertambah.

Gedung Perpustakaan Garuda terdiri dari 2 (dua) lantai. Lantai yang pertama menyimpan ribuan judul buku yang tersusun rapi di dalam rak. Buku-buku tersebut disusun sesuai dengan bidang dan keilmuannya masing-masing. Tujuannya agar mempermudah pengunjung yang ingin membaca buku tersebut. Sedangkan di lantai 2 (dua) tersedia lukisan dan koleksi foto tempo dulu, sebagai salah satu peninggalan sejarah yang dapat dinikmati secara visual oleh pengunjung. Di perpustakaan ini juga disediakan, kursi dan meja untuk pengunjung yang ingin membaca. Namun sayangnya buku-buku yang ada di Perpustakaan Garuda ini tidak bisa dipinjam untuk dibawa pulang, tetapi hanya bisa dipinjam untuk baca ditempat.

Dengan adanya perpustakaan di Pantai Tongaci ini, diharapkan dapat menjadi nilai tambah wisata dan dapat memberikan hiburan rekreasi bagi masyarakat. Selain itu masyarakat bisa menambah wawasan dan ilmu pengetahuan. Bagi siswa, mahasiswa dan peneliti perpustakaan ini bisa menjadi referensi untuk mencari buku atau informasi yang dibutuhkan. Perpustakaan Garuda yang ada di pantai Tongaci ini bisa menjadi contoh atau inspirasi bagi tempat rekreasi lainnya, agar bisa menyediakan perpustakaan mini atau pojok baca. Membaca buku tidak hanya di dalam ruangan, di perpustakaan ataupun di dalam kamar. Tetapi membaca juga bisa di tempat ruangan terbuka seperti di taman, pantai maupun tempat rekreasi lainnya.

Penulis: 
Ema Riskika
Sumber: 
Pustakawan DKPUS Provinsi kep. Bangka Belitung