Diah Tampilkan 1001 Warkop, 1001 Buku dan 1001 Cerita Bermula di Lomba Pustakawan Berprestasi Nasional

DKPUSBABEL, PANGKALPINANG - Diah Widyastuti, Pustakawan Berprestasi Terbaik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Tahun 2020, Rabu 21 Oktober 2020 unjuk kebolehan pada tes presentasi di Lomba Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2020.

Diah wakil Babel dengan nomor urut tampil 20, menamplikan dan mengangkat tema “Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial: 1001 Warung Kopi (Warkop), 1001 Buku, 1001 Cerita Bermula” di Lomba bergengsi tingkat nasional tersebut.

Menurut Diah, materi itu menarik untuk di angkat, sebab fenomena mayoritas milenial Babel yang menghabiskan waktu nongkrong di warung kopi. Karenanya, kata Diah, kenapa tidak hal tersebut, dijadikan peluang untuk mewujudkan SDM Unggul melalui pemasyarakatan Literasi untuk kesejahteraan.

Hal tersebut, ditegaskan Diah, sejalan dengan tema lomba, yaitu “Inovasi dan Kreativitas Pustakawan dalam Rangka Mewujudkan SDM Unggul Indonesia Maju”.

Pendirian pojok baca ‘sekaput’ di warung kopi dan kafe di seputaran Kota Pangkalpinang, lanjut Diah, akan menambah daya Tarik kaum milenial dalam berliterasi. Selanjutnya, akan menghasilkan output peningkatan jumlah pengunjung dan menjadi Trend budaya baca.

“DKPUS dapat bekerjasama dengan Warung Kopi sebagai penyedia bahan literasi yang sesuai dengan komunitas yang biasa berkumpul di tempat tersebut. DKPUS dapat memberikan insentif lain sebagai penghargaan bagi Warung Kopi yang ikut serta dalam program ini,” papar Diah.

Multiplier effect selain menggerakkan ekonomi, masih dalam presentasi itu, juga dapat menggerakkan pariwisata daerah, dimana informasi mengenai lokasi wisata dan sejarah daerah Babel dapat disisipkan, komunitas motoris (klub mobil, motor, goweser) sangat tertarik kepada lokasi-lokasi wisata.

Dikesempatan terpisah, Kepala DKPUS Babel, Asyraf Suryadin berharap, presentasi yang berlangsung selama 10 menit dan dilanjutkan dengan wawancara selama 20 menit bersama 7 dewan juri tersebut, dapat membawa Diah menggapai hasil terbaik.

Sumber: 
DKPUS BABEL
Penulis: 
Cahya Tri Wulan
Fotografer: 
Cahya Tri Wulan
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
DKPUS