Diah Wakili Babel Ke Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Nasional 2020

DKPUSBABEL, PANGKALPINANG – Diah Widyastuti yang merupakan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2020, Senin 19 Oktober 2020 kemarin, resmi mewakili Babel ke ajang Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2020.

Pemilihan secara virtual diikuti Diah langsung dari Cordela Hotel Pangkalpinang. Dalam pembukaan yang dilaksanakan Senin tersebut, Diah didampingi Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKPUS) Provinsi Babel, Asyraf Suryadin.

Pembukaan Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik dilaksanakan pada Pukul 09.00 WIB dimulai dengan laporan Ketua Panitia Penyelenggara, Testimoni Pustakawan Berprestasi, Sambutan Presiden IFLA Ms. Christine Mackenzie dan Manager IFLA Asia-Oceania, Ms. Soh Lin Li, serta Pengarahan Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI, M. Syarif Bando sekaligus membuka lomba.

Setelah acara pembukaan, dilanjutkan rangkaian pemilihan melalui beberapa tes untuk Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tahun 2020. Di antara tes yang dilakukan adalah tes kognitif mengerjakan 70 soal selama 100 menit, tes presentasi, dan tes wawancara bersama 7 dewan juri.

Ketua Penyelenggara mengatakan, ajang Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia berlangsung selama 7 hari terhitung tanggal 18 sampai 24 Oktober 2020 secara daring menggunakan aplikasi Zoom.

Masing-masing peserta perwakilan provinsi diinapkan di hotel di wilayah provinsinya selama kegiatan berlangsung, guna menjaga fokus peserta dan terhindar dari gangguan lingkungan lainnya.

“Tujuan utama perpustakaan adalah untuk mewujudkan masyarakat berbasis informasi dan pengetahuan. Keberhasilan perpustakaan sangat ditentukan oleh tersedianya pustakawan yang berdedikasi tinggi dan bekerja secara professional,” kata Kepala Perpusnas.

Memfasilitasi pengembangan kompetensi dan profesionalisme pustakawan Indonesi, dijelaskan dia, salah satunya adalah melalui kegiatan Pemilihan Pustakawan Terbaik Berprestasi yang dilakukan secara sistematis dan berjenjang mulai dari pemilihan pada Tingkat Daerah/Provinsi, Tingkat Nasional dan Tingkat Regional.

Dikesempatan terpisah, Kepala DKPUS Babel Asyraf Suryadin berharap, Diah mampu membawa harum nama baik Babel di tingkat nasional dengan menyabet juara atau Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional 2020.

Sumber: 
DKPUS BABEL
Penulis: 
Cahya Tri Wulan
Fotografer: 
Cahya Tri Wulan
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
DKPUS