DKPUS Babel Berikan Pembinaan Pengelolaan Kearsipan di Biro Hukum

DKPUSBABEL, PANGKALPINANG  - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKPUS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) kembali melakukan pembinaan terhadap pengelolaan
kearsipan di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel.

Seperti pada tanggal 30 September hingga 1 Oktober 2020, DKPUS Babel memberikan pembinaan ke Sekretariat Daerah (Setda) Babel, atau tepatnya di Biro Hukum Setda Babel.

Pembinaan yang berlangsung di Ruang Pertemuan Biro Hukum tersebut, dipimpin Kasi Pembinaan Kearsipan DKPUS Babel, Maryana mewakili Kepala DKPUS Babel Asyraf Suryadin.

Maryana dalam sambutan singkatnya mewakili Kepala DKPUS Babel menyambut baik adanya keinginan yang kuat dari Biro Hukum untuk dibantu melakukan pembinaan berkenaan dengan pengelolaan arsip di Biro Hukum.

"Kami selalu siap memberikan pembinaan arsip baik ke Biro Hukum maupun OPD-OPD lain di lingkup Pemprov Babel," kata Maryana didampingi Penyuluh Kearsipan dan sejumlah Arsiparis DKPUS Babel. 

Pembinaan pengelolaan kearsipan, ditambahkan Maryana, dilaksanakan selama dua hari. Untuk hari pertama, DKPUS memberikan penjelasan bagaimana caranya melakukan
pemberkasan arsip di Biro Hukum. Selain itu, bagaimana cara melakukan penemuan kembali arsip agar mudah ditemukan secara tepat dan cepat.

Untuk hari kedua, sambung Maryana, akan diberikan pembinaan secara praktek, bagaimana pemberkasan arsip, pembuatan daftar arsip, dan pemberian label pada box arsip. 

Sementara itu, Kepala Biro Hukum Setda Babel Maskupal diwakili Kabag Dokumentasi dan Informasi Hukum, Biro Hukum, Badariyah menyampaikan terima kasih kepada Tim DKPUS Babel yang telah memberikan pembinaan dalam pengelolaan kearsipan di Biro Hukum.

Di Biro Hukum, dikatakannya, terdapat dokumen-dokumen berkenaan dengan produk hukum seperti Perda, Pergub, SK Gubernur, SK Sekda. Disamping itu, juga ada surat masuk dan surat keluar. 

Badariyah mengakui, untuk saat ini, Biro Hukum masih terkendala dengan sarana arsip berupa box, rak. Selanjutnya Prasaran berupa ruangan, dan Sumber Daya Manusia kearsipan. 
 

Sumber: 
DKPUS BABEL
Penulis: 
Aliyah/Ahmad
Fotografer: 
Mega
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
DKPUS