DKPUS Babel Evaluasi Bantuan Hibah Buku Perpustakaan Kelurahan Toboali

DKPUSBABEL, TOBOALI – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKPUS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Rabu (25/11/2020) melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) terhadap bantuan hibah buku yang diberikan kepada Perpustakaan Kelurahan Toboali, Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan.

Kedatangan Tim Monev Bantuan Hibah Buku yang dipimpin langsung Pustakawan Ahli Madya DKPUS Babel, Danuar, disambut Lurah Toboali, Agus Hendri Alvando bersama jajaran Kelurahan Toboali.

Kepada Lurah Toboali, mewakili Kepala DKPUS Babel Asyraf Suryadin, Pustakawan Ahli Madya DKPUS Babel, Danuar menjelaskan, Monev Bantuan Hibah Buku yang diberikan oleh Perpustakaan Nasional Repubik Indonesia (Perpusnas RI) melalui DKPUS Babel ini, dilakukan untuk melihat secara langsung apakah bantuan yang diberikan sejak tahun 2018 lalu dipergunakan sebagaimana mestinya.

“Kami berharap bantuan buku ini, bisa dimanfaatkan untuk menambah wawasan dan minat baca masyarakat setempat Kelurahan Toboali. Kami juga berharap bantuan hibah buku ini, menjadi stimulus bagi Pemerintah Kelurahan untuk bisa mengadakan dan mengembangkan lagi Perpustakaan yang ada,” ujar Danuar.

Sementara itu, Lurah Toboali menyebutkan, sejak menerima bantuan buku sejak tahun 2018 hingga, pihaknya belum pernah melakukan penambahan koleksi.

Didampingi Kasi Pelayanan Umum dan Pengelola Perpustakaan Kelurahan Toboali, Lurah Toboali mengatakan, jumlah koleksi buku di Perpustakaan Toboali masih tetap seperti yang dulu, yakni 491 judul dan 992 buah buku.

Menurutnya, meskipun belum ada penambahan, namun buku-buku yang ada tetap dibaca masyarakat atau RT dan RW di kelurahan Toboali.

“Memang pengunjung Perpustakaan Kelurahan Toboali tidak banyak, rata-rata per bulan hanya 10-an orang. Selain baca di tempat, ada juga yang meminjam untuk di bawa pulang ke rumah,” katanya.

Diakui Lurah, saat ini pihaknya masih kekurangan ruangan, sehingga ruang perpustakaan masih digabung dengan ruang seksi di kelurahan.

Beberapa waktu lalu, ditambahkan Lurah Toboali, pihaknya sempat menganggarkan untuk gedung perpustakaan sekian ratus juta, karena karena pandemic Corona melanda, akhirnya anggarannya dialihfungsikan, dan pembangunan gedung belum bisa dilaksanakan.

Namun, kata Lurah, pihaknya telah merencanakan untuk memindah ruang Perpustakaan ke luar ruangan yang ada saat ini. Apalagi, pihaknya saat ini, telah bekerja sama dengan Forum Anak Kelurahan Toboali.

Forum Anak Kelurahan Tobaoli inilah nantinya yang menjadi salah satu target pemanfaatan koleksi buku-buku yang ada di Perpustakaan Toboali.

Setelah diterima di ruang kerja Lurah, Tim Monev DKPUS Babel langsung melakukan pengecekan ruang perpustakaan dan melakukan evaluasi secara langsung, sekaligus melakukan wawancara dengan pengelola Perpustakaan Kelurahan Toboali.

Sumber: 
DKPUS BABEL
Penulis: 
Ahmad
Fotografer: 
Dodi/Ahmad
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
DKPUS