DKPUS Babel Turut Pendampingan Giat Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial ke Bateng dan Basel

DKPUSBABEL, KOBA – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKPUS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), 16 Oktober 2020 kemarin, turut serta melakukan pendampingan dan supervisi mitra kegiatan Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial ke Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) dan Bangka Selatan (Basel).

Pendampingan  Tim Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) itu, diawali dari DKPUS Bangka Tengah, dimana hingga tahun 2020 ini, salah satu Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten beruntung yang menerima manfaat program dari Perpusnas adalah DKPUS Bateng.

Sebagai stimulan program, Perpustakaan Nasional RI telah mengirimkan bantuan guna optimalisasi layanan perpustakaan berupa 700 eksemplar buku, 2 unit PC, 1 unit server, dan 1 buah printer.

Kepala DKPUS Babel Asyraf Suryadin mengatakan, Kegiatan Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial yang merupakan program prioritas nasional bertujuan untuk memperkuat peran perpustakaan umum dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia Indonesia yang Unggul melalui peningkatan kemampuan literasi guna mewujudkan Indonesia Maju telah digalakkan Perpusnas RI sejak tahun 2018.

“Bantuan tersebut, telah dikirimkan dan diterima dengan aman oleh pihak perpustakaan Kabupaten Bangka Tengah dan Bangka Selatan. Makanya Tim Perpusnas RI melakukan pendampingan dan supervisi terhadap Perpustakaan Bateng dan Basel yang menjadi mitra program ini,” ungkapnya.

Berdasar hasil kegiatan pendampingan dan supevisi tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa bantuan tersebut telah diterima, diolah, dimanfaatkan, dan segera dilayankan dengan baik.

Bantuan tersebut, lanjutnya, secara langsung dapat meningkatkan kualitas layanan perpustakaan, karena memiliki sumber daya koleksi yang semakin beragam dan akses informasi yang semakin mudah dengan adanya tambahan komputer bagi pemustaka.

Selain itu, dengan adanya server kunang-kunang perpustakaan juga bisa mengontrol penggunaan layanan internet di perpustakaannya.

Melalui bantuan tersebut, kedepannya diharapkannya,  Perpustakaan Bateng dan Basel dapat berkegiatan dengan melibatkan masyarakat lebih banyak lagi hingga manfaat bisa dirasakan oleh masyarakat secara langsung, dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bangka Tengah melalui Literasi.

Sumber: 
DKPUS BABEL
Penulis: 
Cahya Tri Wulan
Fotografer: 
Cahya Tri Wulan
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
DKPUS