Gedung DKPUS Babel Mulai “Dijadikan” Tempat Bedah Buku dan Baca Puisi

DKPUS BABEL, PANGKALPINANG – Keinginan Kepala Dinas Kearsipan dan Perustakaan (DKPUS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), agar masyarakat umum yang ingin berkegiatan bisa menggunakan Gedung DKPUS Babel, akhirnya terwujud.

Gedung DKPUS yang berada di Pusat Ibu Kota Provinsi Babel, tepatnya bersebelahan dengan Mapolres Jalan Jenderal Sudirman, Pangkalpinang, Babel, Jumat (20/11/2020) sore, mulai “dijadikan” masyarakat yang terhimpun dalam Komunitas Kilometer Nol sebagai tempat kegiatan Bedah Buku dan Baca Puisi.

Giat perdana yang dilaksanakan Komunitas Kilometer Nol tersebut, diikuti lebih dari 20 peserta. Mereka terdiri dari Penyair dan Penggiat Sastra Babel diantaranya Ian Sancin, Budi Semprul , DN Kelana dan lain-lainnya.

Kelompok itu, memulai membedah buku antalogi puisi penyair Babel yang berjudul “Nyanyian Ranting dan Lelaki Laut Pering” dan diisi dengan pembacaan puisi-puisi karya Penyair yang ada dibuku tersebut, secara bergiliran.

"Sarasehan Sastra ini, bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang karya sastra kepada penggiat sastra, khususnya adik-adik SLTA dalam kemasan yang santai dan rileks," ujar Budi Semprul selaku Ketua Komunitas Kilometer Nol.

Ia mengucapkan terima kasih kepada Kepala DKPUS Babel yang telah mengizinkan dan memfasilitasi Komunitas Kilometer Titik Nol untuk melakukan Bedan Buku dan Baca Puisi di Gedung DKPUS Babel ini.

Sementara itu, Asyraf Suryadin Kepala DKPUS Babel mengatakan, DKPUS Babel siap memfasilitasi tempat, peralatan dan kudapan sesuai kemampuan DKPUS, untuk kelancaran kegiatan yang menjadi bagian dari aktifitas perpustakaan ini.

Selain Komunitas Kilometer Titik Nol, kelompok masyarakat lainpun bisa memanfaatkan Gedung DKPUS Babel yang merupakan gedung bersejarah ini, untuk kegiatan apa saja.

“Syaratnya cukup  ajukan surat permohonan yang disampaikan ke DKPUS Babel, dan tidak lupa untuk mendaftarkan diri menjadi anggota perpustakaan,” jelas Asyraf.

Apa yang dilakukan DKPUS ini, menurut Asyraf, langkah awal untuk memajukan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Babel. “Alhamdulillah hari ini, sudah kita coba dan mudah-mudahan nanti akan berlanjut. Karena mereka merupakan bagian dari aktivitas perpustakaan," kata Aysraf Suryadin.

Sumber: 
DKPUS BABEL
Penulis: 
Munawar
Fotografer: 
Munawar
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
DKPUS