Ian Sancen, Penulis Buku Sebut DKPUS Babel Sekarang Lebih Tertata

DKPUS BABEL, PANGKALPINANG – Suasana apel sore Pegawai di Lingkungan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKPUS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Jumat (20/11/2020) sore, tampak sedikit berwarna, karena keikutsertaan Penggiat Literasi Ian Sancin dan kawan-kawan.

Ian Sancin merupakan seorang Penulis dan Penggiat Literasi di Babel yang telah menerbitkan novel sejarah Belitung abad 17,18 dan 19.

Dalam apel sore itu, Ian Sancin menceritakan perjalanannya menjadi seorang Penulis yang dimulai dari membaca buku.

Sang Ayah sengaja berlangganan majalah anak-anak “Si Kuncung” yang populer kala itu, agar Ian Sancin kecil terbiasa membaca.

Dari membaca majalah “Si Kuncung” sederhana itulah yang menginspirasinya Ian Sancin Kecil untuk menjadi seorang penulis.

Ketika menempuh Jenjang pendidikan yang lebih tinggi, perpustakaan menjadi tempat memuaskan hobi membacanya. “Perpustakaan lah yang membentuk dan menguatkan inspirasinya menjadi seorang penulis,” ungkapnya.

Berkaitan dengan DKPUS Babel Ian Sancin menyebutkan banyak perubahan yang terjadi di DKPUS Babel.

"Perpustakan DKPUS yang ada sekarang berbeda dari yang dulu, sekarang lebih tertata dan sistemnya lebih modern," ujar Ian Sancin.

Menurut Ian, DKPUS Babel dengan jumlah Pegawai total 90 orang ibarat sebuah buku yang berhalaman 90 lembar, dimana tiap lembarnya memiliki ide yang luar biasa yang menjadi potensi untuk membuat DKPUS menjadi lebih berkembang.

Kepala DKPUS Babel, Asyraf Suryadin mengapresiasi apa yang disampaikan oleh Ian Sancin, dan akan  berusaha lebih baik lagi di masa yang akan datang.

"Saya ucapkan terima kasih, dan berharap hari ini merupakan langkah awal untuk memajukan perpustakaan dan bidang arsip. Ke depan kita hadirkan juga pihak-pihak yang berkopeten dan peduli kemajuan Dunia Kepustakaan dan Kearsipan di Babel," kata Asyraf.

Dalam kesempatan yang sama dilakukan pemberian cindramata berupa 2 buah Novel kepada Kepala DKPUS Babel dengan judul “Gadis Kotak Ban” dari seorang penggiat literasi yang juga penulis Novel, DN Kelana.

Sumber: 
DKPUS Babel
Penulis: 
Munawar
Fotografer: 
Munawar
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
DKPUS