Kafe Ale Persinggahan Pertama “Pojok Baca Sekaput” DKPUS Babel - Unmuh

DKPUSBABEL, PANGKALPINANG - Untuk mendukung program pemerintah mencerdaskan kehidupan berbangsa, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bangka Belitung (Babel) bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Babel, melakukan program “Pojok Baca Sekaput” dengan Warung Kopi/Kafe di Kota Pangkalpinang, Babel.

Kafe Ale yang berlokasi di Jalan Stania Kota Pangkalpinang merupakan tempat pertama persinggahan “Pojok Baca Sekaput” DKPUS Babel – Unmuh Babel, dan mendapat fasilitas peminjaman rak buku serta koleksi buku yang ada di DKPUS  sebanyak 100 judul/exemplar berupa novel, ilmu pengetahuan, kesehatan, ensiklopedia dan agama.

Kepala DKPUS Babel, Asyraf Suryadin mengharapkan, adanya kerjasama dengan kafe-kafe dalam mewujudkan program “Pojok Baca Sekaput”, suatu kafe dapat dijadikan media pendidikan dan sumber informasi bagi masyarakat, khususnya generasi muda.

“Tujuan Pojok Baca untuk meningkatkan minat baca masyarakat Babel. Dinas Kearsipan dan Perpustakaan melakukan program tersebut dengan mengajak para pemilik tempat makan dan minum yang ada Babel untuk bekerja sama,” ujar Asyraf.

Melalui “Pojok Baca Sekaput”, kata Asyraf, setiap pengunjung tidak hanya sekadar menikmati suasana Warkop/Kafe, namun sambil menikmati hidangan makan atau minum, pengunjung juga bisa membaca buku atau bisa berdiskusi dan belajar yang nyaman dan santai.

Sementara itu, Pemilik Kafe Ale, Tomy Primanda mengatakan, hal ini memang sudah menjadi impiannya sejak lama, menggabungkan ide antara Kafe dan Buku.

"Kebetulan pengunjung kafe ini, mayoritas wartawan dan pegawai. Jadi, tempat ini menjadi ajang diskusi," jelas Tomy.

Tomy mengharapkan,  dengan adanya “Pojok Baca Sekaput” ini, dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi kafenya

 

Sumber: 
DKPUS BABEL
Penulis: 
Aliyah
Fotografer: 
Aliyah
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
DKPUS