OPD Beltim Serahkan Hasil Karya Terbitan Daerah ke DKPUS Babel

DKPUSBABEL, MANGGAR – “Perburuan” hasil karya cetak dan rekam daerah tak sebatas di Kabupatem Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), namun juga ke Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Babel.

Di Beltim, Tim Pustakawan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKPUS) Babel mendatangi sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) Kabupaten Belitung Timur.

OPD pertama yang disambangi Tim DKPUS Babel, Rabu (25/11/2020) kemarin, adalah Bagian Hukum Setda Beltim. Di Bagian Hukum Setda Beltim, Tim diterima langsung Kepala Bagian Hukum Setda Beltim Suharman.

Rohayani selaku Pustakawan Ahli Madya DKPUS Babel menjelaskan, kedatangan Tim DKPUS  sesuai dengan Undang-Undang  (UU) Nomor 13 tahun 2018 tentang Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam. 

Kewajiban serah simpan Karya cetak dan Karya Rekam ini, dijelaskannya, dimaksudkan menumbuhkan kesadaran Penerbit dan Produsen Karya Rekam untuk menyerahkan Karya cetak dan Karya Rekam, sehingga dapat menyelamatkan Karya Cetak dan Karya Rekam dari ancaman bahaya yang disebabkan oleh alam atau perbuatan manusia.

Selain itu, untuk lebih mendekatkan karya tersebut sebagai sumber informasi tentang budaya bangsa kepada masyarakat. Pengelolaan Karya cetak dan Karya Rekam dilaksanakan melalui Perpustakaan Nasional dan Perpustakaan Provinsi serta peran serta masyarakat.

Kepala Bagian Hukum Setda Beltim mengatakan, Bagian Hukum Setda Beltim hanya menyimpan hasil karya cetak saja.

Selesai dari Bagian Hukum Setda Beltim, Tim DKPUS Babel melanjutkan kunjungannya ke  Dinas Komunikasi dan Informasi Beltim.

Mewakili Kepala Dinas Kominfo, Sekretaris Dinas Kominfo Beltim, Oripantoro menyerahkan hasil karya terbitan mereka berupa sejumlah buletin, majalah serta leaflet.

"Menurut saya akan lebih baik lagi kegiatan penyerahan hasil karya dan hasil rekam terbitan daerah lebih dipublikasikan lagi agar Kabupaten/Kota menjadi lebih tahu pentingnya hal ini," saran Oripantoro.

Sama halnya di Dinas Pariwisata Beltim, mereka juga menyerahkan sejumlah majalah, brosur, leaflet dan buku cerita rakyat terbitan 2018-2019 kepada Tim DKPUS Babel.

Sumber: 
DKPUS BABEL
Penulis: 
Aliyah
Fotografer: 
Munawar
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
DKPUS