Pelaksanaan Kegiatan Perpustakaan Keliling di SD Negeri 1 Pangkalan Baru, Desa Dul, Kecamatan Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah

Perpustakaan keliling adalah bagian dari pelayanan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang mendatangi/mengunjungi pembacanya dengan menggunakan kendaraan roda 4 (mobil). Dengan kata lain, perpustakaan keliling adalah perpustakaan yang bergerak dengan membawa bahan perpustakaan untuk melayani masyarakat dari satu tempat ke tempat lain. Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memiliki 2 unit mobil Perpustakaan Keliling. Layanan perpustakaan keliling dilakukan terjadwal dan juga bisa dilakukan sesuai permintaan. 

Pada hari Kamis tanggal 27 Februari 2020, Perpustakaan Keliling mengunjungi SD Negeri 1 Pangkalan Baru, para peserta didik SD Negeri 1 Pangkalan Baru yang memanfaatkan Pelayanan Perpustakaan Keliling berjumlah 193 orang dari 373 orang, pemilihan bahan bacaan dilakukan secara bergiliran mulai dari kelas 1 hingga kelas 5. Bagi siswa kelas 6 diberikan pengecualian karena sedang melaksanakan Try Out (TO) untuk persiapan menghadapi Ujian Nasional (UN).

Buku bacaan yang diminati para peserta didik beragam mulai dari cerita bergambar, dongeng legenda, ensiklopedi, dan pengetahuan umum lainnya, para peserta didik sangat antusias disebabkan variasi bacaan yang ditawarkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan serta menambah rasa ingin tahu siswa.

Sumber: 
Pustakawan DKPUS Provinsi Kep. Bangka Belitung
Penulis: 
Hari Budiman, S.Psi
Fotografer: 
Bagus Prambudi
Editor: 
Admin
Bidang Informasi: 
DKPUS