PELAKSANAAN PELAYANAN PERPUSTAKAAN KELILING DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN PROVINSI KEP. BANGKA BELITUNG DI SDN 1 AIR GEGAS, DESA AIR BARA, KEC. AIR GEGAS, KAB. BANGKA SELATAN

Pelayanan perpustakan keliling merupakan salah satu sarana layanan yang diadakan oleh perpustakaan Provinsi Kep. Bangka Belitung secara rutin. Layanan ini dimaksudkan untuk mengatasi kesenjangan informasi bagi masyarakat daerah agar lebih dekat dan mencintai perpustakaan. Melalui perpustakaan keliling, pemerintah daerah berusaha memberikan layanan informasi kepada masyarakat secara proaktif guna mencapai salah satu misi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan yaitu membina dan mengembangkan budaya baca.

Sasaran yang dituju pada pelaksanaan pelayanan perpustakaan keliling pada hari Selasa Tanggal 10 Bulan Maret Tahun  2020 adalah SDN 1 Air Gegas, Desa Air Bara, Kec. Air Gegas, Kab. Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.  Prosedur pelaksanaan pelayanan perpustakaan keliling yaitu menunjuk petugas yang akan ditugaskan untuk melaksanakan layanan, petugas merupakan pustakawan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Kep.Bangka Belitung. Petugas kemudian berangkat menuju lokasi sasaran perpustakaan keliling yang telah ditetapkan sebelumnya melalui Surat Tugas yang dikeluarkan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Kep. Bangka Belitung.

Pada kunjungan ini total jumlah pengunjung di SDN 1 Air Gegas adalah 175 siswa dari 361 siswa, pemilihan bahan bacaan dilakukan secara bergiliran mulai dari kelas 1 hingga kelas 5. Bagi siswa kelas 6 diberikan pengecualian karena sedang melaksanakan Try Out (TO) untuk persiapan menghadapi Ujian Nasional (UN). Koleksi yang diminati di SDN 1 Air Gegas beragam, baik koleksi fiksi dan non fiksi dengan jumlah rata-rata buku yang dibaca adalah 2-3 buah buku per siswa.

Melalui kegiatan pelayanan perpustakaan keliling ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam memperoleh informasi, adanya pemeratakan layanan informasi dan bacaan kepada masyarakat sampai daerah terpencil, dan membangun kerjasama antar lembaga masyarakat sosial, pendidikan, dan pemerintah daerah dalam meningkatkan kemampuan intelektual dan kultural masyarakat.

Sumber: 
Pustakawan DKPUS Provinsi Bangka Belitung
Penulis: 
Hari Budiman, S.Psi
Fotografer: 
Bagus Prambudi
Bidang Informasi: 
DKPUS