Primary tabs

Amirudin: Terima Kasih Kadis Asyraf Telah Memberikan Spirit

DKPUSBABEL, BELITUNG TIMUR – Tim Juri Lomba Perpustakaan Umum (Desa/Kelurahan) Terbaik Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Jumat (28/5/2021) melanjutkan penilaian ke Perpustakaan Desa (Perpusdes) Cendil, Kecamatan Kelapa Kampit, Kabupaten Belitung Timur (Beltim).

Kedatangan Tim Juri bersama Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKPUS) Babel, Asyraf Suryadin ke Perpusdes Cendil disambut Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Beltim Amirudin, Camat Kelapa Kampit, Kades Cendil, Pendamping Desa Cendil, Babinsa, Babinkamtibmas, Pengelola Perpusdes Cendil dan unsur masyarakat Cendil.

Amirudin dalam kata sambutannya menyampaikan termasih atas kunjungan Kepala DKPUS Babel Asyraf Suryadin ke Desa Cendil.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Kadis DKPUS Babel Asyraf yang datang langsung ke Perpusdes Cendil. Paling tidak kehadiran Pak Kadis DKPUS Babel ini memberikan spirit kepada kami untuk melakukan berbagai kegiatan Perpusdes, sehingga lebih baik lagi ke depannya,” ucapnya.

Dijelaskan Amirudin, dalam menyambut kedatangan Kadis DKPUS Babel bersama Tim Juri Lomba Perpusdes ini, pihaknya sengaja menampilkan beberapa produk dari Perpusdes Cendil, termasuk juga kreativitas anak-anak muda yang menggunakan bahan-bahan bekas.

“Ada beberapa produk hasil kreativitas masyarakat yang sudah di order ke Semarang dan beberapa kota besar di Indonesia. Produk-produk yang dihasilkan memang difokuskan untuk dijual ke luar, sedangkan untuk kalangan lokal memang masih agak terbatas,” ungkap Kepala DPK Beltim.

Amirudin menyebutkan, Perpusdes Cendil adalah Perpustakaan Desa terbaik nasional untuk Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial. “Paling tidak, ini menjadi catatan dan spirit bagi desa lain yang ada di Kabupaten Beltim,” ujar Amirudin.

Kepala DKPUS Babel, Asyraf Suryadin mengngkapkan, Perpusdes Cendil adalah Perpustakaan keempat yang telah dikunjungi dan dinilai oleh Tim Juri Lomba dari Provinsi.

“Kehadiran kami di sini hanya untuk melakukan verifikasi terhadap data-data yang telah dikirimkan kepada kami. Tahun-tahun lalu, data-data itu jarang dikirim. Tapi mulai tahun ini, saya ambil kebijakan, datanya dikirim, tinggal kami verifikasi saja,” jelas Asyraf.

Menurut Asyraf, Ia saat ini, didampingi Tim Juri yang professional, semuanya dari DKPUS Provinsi Babel. “Itu kita lakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” terangnya.

“Saya sudah bicara kepada juri, anda diberi amanah mewakili Tuhan dimuka bumi untuk menjadi juri,” tegas Asyraf.

Asyraf mengingatkan kepada Tim Juri agar dalam menilai tidak ada kesan menakutkan, karena penilaian ini juga dilakukan sekaligus dalam rangka pembinaan.

Melihat kondisi rill di Perpusdes Cendil, Kadis DKPUS Babel Asyraf yakin dan percaya kepada Kepala DPK Beltim Amirudin dan Tim yang begitu gigih mempersiapkan. Biasanya kegigihan itu tidak mengkhianti hasil.

Dikatakan Asyraf, untuk Lomba Perpudes tingkat nasional, dalam kondisi Covid-19, biasa akan dilakukan secara virtual. Tapi tidak menutup kemungkinan mereka akan melihat langsung.

Kehadiran Kadis DKPUS Babel bersama Tim Juri, selain disambut dengan tarian selamat datang, juga disuguhi dengan aneka kerajinan tangan masyarakat Desa Cendil dibawah binaan Perpusdes Cendil, seperti miniature sepeda motor Vespa, produk-produk hutan Kengas Desa Cendil.

Sumber: 
DKPUS Babel
Penulis: 
Ahmad
Fotografer: 
Wiwit
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
DKPUS