Primary tabs

Aryo - Nadia Duta Bahasa Babel 2021, Asyraf Berharap Ini

DKPUSBABEL, PANGKAlPINANG – Pasangan Aryo Dwi Pangga dan Nadia Elmelda Sari berhasil memboyong piala Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), sekaligus dinobatkan sebagai Duta Bahasa Babel Tahun 2021.

Keduanya terpilih melalui Grand Final Pemilihan Duta Bahasa Babel Tahun 2021 yang dihelat di Hotel Bangka City, Pangkalpinang, Babel, Sabtu (27/3/2021) sore.

Aryo dan Nadya berhasil menyisihkan 18 Finalis Duta Bahasa lainnya setelah melalui penjurian yang terdiri dari Melati Erzaldi, Yan Megawandi, dan tiga juri lainnya, sekaligus berhak mewakili Babel pada ajang Pemilihan Duta Bahasa Tingkat Nasional Tahun 2021.

Asyraf Suryadin Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKPUS) Provinsi Babel mewakili Sekda Babel, dalam sambutannya saat membuka acara Grand Final Pemilihan Duta Bahasa Tahun 2021 berharap Duta Bahasa Babel ini, dapat menjadi juara dan Duta Bahasa Tingkat Nasional Tahun 2021.

Dalam kesempatan itu, Asyraf mengajak semua untuk mengutamakan penggunaan bahasa Indonesia, melestarikan bahasa daerah, dan menguasai bahasa asing.

“Harapan kita, karena ini impelementasi dari Undang-Undang  Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan,  maka ajang ini cukup bergengsi,” ungkapnya.

Ia juga berharap duta-duta bahasa Babel masa mendatang,  mampu menjadikan bahasa bangsanya yang unggul di negeri sendiri, bukan bahasa asing.

Bahkan di tempat sama, Asyraf menyinggung di Babel terdapat plang-plang atau papan nama yang lebih menonjolkan bahasa asing ketimbang bahasa Indonesia.

Kepala Kantor Bahasa Babel, Yani Paryono juga berharap Duta Bahasa Babel Tahun ini, bisa meraih Duta Bahasa Tingkat Nasional 2021. Sebab, pada tahun sebelumnya, Babel berhasil masuk di posisi Harapan II Pemilihan Duta Bahasa tingkat nasional.

Pemilihan Duta Bahasa Babel 2021 diikuti sebanyak 168 orang. Setelah melalui seleksi pertama, lolos 165, dan seleksi berikut tinggal 100 orang yang lolos, dan tersisa 20 orang di Grand Final.

Turut hadir dalam acara Grand Final Pemilihan Duta Bahasa Babel Tahun 2021 itu, Abdul Hak  Kepala Pembinaan Bahasa dan Sastra Kemendikbud RI, Kepala Kantor Bahasa Babel,  Yani Paryono, tamu undag, termasuk para orang tua Finalis Duta Bahasa Babel 2021.

Sumber: 
DKPUS Babel
Penulis: 
Ahmad
Fotografer: 
Ahmad
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
DKPUS