Primary tabs

Asyraf Sumbang Buku Cerita Rakyat ke Pojok Baca Café Janggut Belitung

DKPUSBABEL, BELITUNG – Langkah nyata mendorong gemar membaca bagi masyarakat yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Asyraf Suryadin selaku Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKPUS) Babel kembali menyumbangkan sejumlah buku.

Buku-buku cerita rakyat Babel hasil karya pribadinya itu diberikan ke Pojok Baca Café Janggut, di Tanjungpandan, Kabupaten Belitung.

Penyerahan buku-buku yang berjudul ‘Putri Gunung Kelumpang Air Limau’, ‘Guru Sang Juara’, ‘Membaca Menuju Surga’, ‘Jejak-jejak Kepahlawanan Depati Amir’ tersebut, dilakukan secara langsung kepada Janggut Pemilik Café Janggut Belitung di Café Janggut, Tanjungpandan, Kamis (27/5/2021) malam.

Selain memberikan buku ke Pojok Baca Café’ Janggut, lanjut ke Penulis Buku Fathrprozi dan Ketua Dewan Kesenian Belitung, dalam waktu dan tempat yang sama, Asyraf juga menerima sumbangan buku rakyat dari Penulis Buku asal Belitung, Fathrorozi untuk Perpustakaan Provinsi.

Asyraf berharap buku cerita rakyat yang disumbangkannya ke Pojok Baca Café Janggut ini, dapat meningkatkan minat baca masyarakat, terutama yang berkunjung ke Café Janggut. “Tolong buku-buku ini diletakkan di depan, sehingga pengunjung tahu dan tertarik untuk membaca,” harap Asyraf.

Begitu pula dengan buku yang didapatkan dari Penulis Buku asal Belitung untuk Perpustakaan Provinsi Babel, Asyraf menyampaikan terima kasih.

“Buku yang disumbangkan kepada kami ini akan kami jadikan buku deposit di Perpustakaan. Buku desposit itu artinya tidak bisa dipinjamkan pemustaka untuk dibawa pulang, tetapi hanya bisa di baca di Perpustakaan, karena sifatnya terbatas,” ujar Asyraf didampingi sejumlah Pustakawan DKPUS Babel.

Fathrorozi mengatakan, selain buku-buku ini, Ia akan kembali menulis dan mencetak buku-buku dengan judul yang berbeda.

Sementara itu, Janggut, Pemilik Café Janggut Belitung juga mengucapkan terima kasih atas bantuan buku untuk Pojok Baca Café miliknya.

Menurut dia, Café Janggut Belitung ini, memang sering menjadi tempat kegiatan literasi, termasuk baca puisi, kumpul-kumpul seniman baik yang ada di Pulau Belitung maupun luar Belitung. Bahkan baru-baru ini seniman  dari Malaysia juga melakukan kegiatan literasi di Café Janggut. “Semoga ini beranfaatkan dan menarik minat baca pengunjung,” ucapnya.

Sumber: 
DKPUS Babel
Penulis: 
Ahmad
Fotografer: 
Wiwit
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
DKPUS