Primary tabs

Baru 4 Perpustakaan SMA/SMK/MA di Babel Terakreditasi A, Ini Harapan Kepala DKPUS

PANGKALPINANG – Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKPUS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Rakhmadi menyebutkan, hingga akhir tahun 2023 kemarin, baru 4 Perpustakaan SMA/SMK/MA di Babel yang telah terakreditasi A.

Sementara 141 Perpustakaan SMA/SMK/MA lainnya masih terakreditasi B, C, bahkan ada yang belum terakreditasi.

“Saat ini jumlah perpustakaan SMA/SMK/MA di Babel mencapai 145. Yang terakreditasi SMA 29, SMK 13, dan MA 4. Sedang yang belum terakreditasi SMA 36, SMK 42, MA 21,” papar Kepaka DKPUS Rakhmadi dihadapan belasan Kepala SMA/SMK/MA, Kepala Perpustakaan Perguruan Tinggi se-Babel, di GLP Babel, Rabu (24/1/2024) petang.  

Diungkapkannya, untuk Perpustakaan yang terakreditasi A adalah Perpustakaan SMAN 4 Pangkalpinang, SMAN 1 Jebus Bangka Barat, SMKN 1 Kelapa Bangka Barat, dan SMKN 1 Tanjung Pandan Belitung.

“Ini adalah PR kita bersama bagaimana agar ke depan Perpustakaan SMA/SMK/MA yang belum terakreditasi bisa terakreditasi, yang akreditasinya C naik ke B, dan yang akreditasinya B bisa naik ke A,” kata Rakhmadi.

Mudah-mudahan, Kepala DKPUS Rakhmadi berharap, pembinaan perpustakaan oleh Tim Pustakawan DKPUS Provinsi tahun ini dapat berjalan lebih maksimal lagi, sehingga perpustakaan yang tadinya C bisa naik ke B, yang B jadi A. “Mari kita perbaiki akreditasi Perpus Sekolah ini,” ajak Rakhmadi.

Kepala UPA Perpustakaan UBB, M. Junaidi yang hadir dalam pertemuan itu, menyarankan, agar akreditasi perpustakaan sekolah bisa meningkat, yaitu mengelola pengelolanya (SDM).

“Kami dari Perpustakaan UBB siap berkontribusi, karena dari bobot penilaian akreditasi, layanan sangat besar bobot penilaiannya,” ujarnya.

Erni Yulianti, Kepala Perpustakaan sekaligus Guru SMAN 1 Pangkalpinang, di waktu sama berharap adanya bantuan dari DKPUS Provinsi untuk membimbing mereka supaya perpustakaan SMAN 1 Pangkalpinang bisa terakreditasi.

“Kepala Sekolah kami menargetkan tahun 2024 ini kalau bisa perpustakaan SMAN 1 Pangkalpinang terakreditasi. Kami akui, saat ini, Perpustakaan kami belum punya pustakawan,” ungkapnya.

Begitu pula dengan Siti Nabsiati, Guru yang juga Pengelola Perpustakaan SMAN 3 Pangkalpinang, menyampaikan permohonannya, agar DKPUS Babel bisa memberikan bimbingan dan motivasi untuk akreditasi Perpustakaan SMAN 3 Pangkalpinang.  

“Perpustakaan kami hingga sekarang akreditasi belum baik. Kami berharap ke depan bisa jadi lebih baik,” kata Siti.

Sumber: 
DKPUS Babel
Penulis: 
Ahmad
Fotografer: 
Ahmad
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
DKPUS