Primary tabs

Boyong Puluhan Siswa, Kepsek SDN 17 Desa Kimak “Belajar” Akreditasi ke Perpusprov Babel

DKPUSBABEL, PANGKALPINANG – Lagi, Kantor Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKPUS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjadi wadah “belajar” bagi Kepala Sekolah (Kepsek) dan sejumlah guru.

Seperti ujung bulan Mei, atau tepatnya pada Senin (31/5/2021), sembari memboyong puluhan siswa, Kepsek SDN 17 Desa Kimak, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka  berkonsultasi dan “belajar” akreditasi perpustakaan sekolah.

Kepsek SDN 17 Desa Kimak, Sohni mengatakan, perpustakaan SDN 17 sudah pernah menjadi juara pada tingkat kecamatan dan kabupaten. Akan tetapi, sejak masa Pandemi Covid-19, perpustakaan sekolahnya (Perpustakaan Darul Ulum) kurang berkembang karena kekurangan informasi mengenai akreditasi untuk perpustakaan sekolah.

“Kami merasa ketinggalan informasi mengenai akreditasi perpustakaan. Jadi, kami bermaksud untuk berkonsultasi mengenai cara dan syarat bagaimana mengajukan akreditasi tersebut,“ ujar Sohni.

Selain itu, dirinya juga meminta penjelasan mengenai persyaratan untuk jabatan bagi Kepala Perpustakaan di sekolahnya, karena selama ini masih ditangani oleh pengelola perpustakaan.

Untuk itu Sohni merasa perlu meminta ilmu untuk kemajuan perpustakaan sekolahnya sekaligus mengajak anak didiknya agar lebih mengenal Perpustakaan Provinsi (Perpusprov) Bangka Belitung.

Kepala DKPUS Babel, Asyraf Suryadin menyambut baik adanya kunjungan Kepsek, Guru dan para siswa SDN 17 Kimak ini.

Didampingi Pejabat Administrator dan Pustakawan DKPUS Babel, Asyraf menjelaskan sekilas apa saja syarat-syarat yang harus dipersiapkan untuk bisa mengusulkan akreditasi perpustakaan sekolah.

Kemudian, Asyraf mengenalkan Perpusprov yang menyatu dengan Kantor DKPUS Babel, yang saat ini, masuk dalam cagar budaya.

Usai memberikan penjelasan, Kadis DKPUS Babel Asyraf Suryadin memberikan dua buah buku “Sejarah Bangka Belitung menjadi Provinsi”, sekaligus mempersilahkan para siswa diikuti Kepsek dan guru SDN 17 Kimak untuk melihat buku-buku dan sejumlah koleksi foto tua yang ada di DKPUS.

 

Sumber: 
DKPUS Babel
Penulis: 
Aliyah
Fotografer: 
Aliyah/Wijaya
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
DKPUS