Primary tabs

Buka Bimtek, Sekda Babel: Aplikasi SRIKANDI Harus ‘Palugada’

PANGKALPINANG - Sejumlah Tim Admin OPD dan Pengelola Surat Tata Usaha dari berbagai instansi di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) penerapan aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI).

Kegiatan yang diselenggarakan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Babel selama 2 hari mulai 2 hingga 3 Agustus 2022 di Ruang Pasir Padi Kantor Gubernur Babel, Selasa (2/8/2022) itu, dibuka oleh Sekda Babel Naziarto menghadirkan sejumlah pemateri.

Dalam arahannya saat membuka Bimtek Penerapan Aplikasi SRIKANDI Sekda Naziarto mengatakan, aplikasi yang diberi nama SRIKANDI ini, haruslah diimplementasikan sesuai namanya di setiap instansi kerja.

“Kita harus mempersiapkan diri jangan sampai gaptek. Karena kalau gaptek kita tidak akan bisa mengakses informasi yang kita inginkan. Untuk itu, kita harus berusaha semaksimal mungkin mengakses SRIKANDI,” ujarnya.

Aplikasi SRIKANDI yang berbasis elektronik ini, berlaku secara nasional yang kemudian dikembangkan oleh ANRI dan bekerja sama dengan KemenpanRB, Kominfo dan BSSN.

SRIKANDI diperkenalkan untuk mempermudah layanan kearsipan terutama layanan surat-menyurat agar lebih cepat, mudah , efektif dan efisien.

Lebih lanjut Naziarto menegaskan, kunci dari hal tersebut adalah mau, mampu dan tahu. Ia yakin untuk itu, diperlukan sikap profesional dan proporsional pada setiap diri masing-masing orang.

Tetapi di lain pihak, kata dia, tetap akan ada kendala pada aplikasi berbasis elektronik ini. Bisa saja listrik yang tiba-tiba mati, jaringan wifi kurang mendukung atau kuota data habis.

Selain itu, juga diperlukan SDM handal, sarana dan prasarana serta dukungan layanan internet yang stabil.  

Tak sekadar itu, Sekda menginginkan aplikasi Srikandi ini menyediakan apa yang dimau. “Jadi, Aplikasi ini harus Palugada, alias apa yang lu pinta gua ada,” tegas Sekda.

Sementara itu Kepala DKPUS Babel, Rakhmadi mengatakan, dasar dari SRIKANDI, selain PP No.95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), juga ada Pergub sebagai yang telah dibuat, sehingga diharapkan partisipasi aktif dari seluruh perangkat daerah terkait yang menjadi peserta Bimtek.

“Kegiatan arsip secara nasional termasuk Provinsi Bangka Belitung insya Allah juga akan dilaunching pada tanggal 15 Agustus 2022 mendatang,“ ungkap Rakhmadi.

Dari kegiatan Bimtek ini, Rakhmadi mengharapkan peserta dapat memahami bagaimana cara membuat akun dan menjalankan aplikasi SRIKANDI di instansinya masing-masing, serta berpartisipasi aktif dalam implementasi penerapan e-arsip terintegrasi.

Sumber: 
DKPUS Babel
Penulis: 
Aliyah
Fotografer: 
Istimewa
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
DKPUS