Primary tabs

Dapat Tambahan Buku Lagi, Asyraf Ingin Perpusprov Jadi Referensi Soal Lada

DKPUSBABEL, PANGKALPINANG – Perpustakaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Perpusprov Babel) mendapatkan tambahan referensi buku lagi dari penulis buku. Untuk kali ini, judul buku yang diterima adalah ‘Upaya Optimalisasi Usaha Tani Lada Putih’.

Buku yang mengupas soal  optimalisasi usaha tani lada putih tersebut, ditulis oleh Ipan Guspian, Yudi Sapta Pranoto, dan Eva Helda, Dosen Universitas Bangka Belitung.

Ipan salah satu penulis buku ‘Upaya Optimalisasi Usaha Tani Lada Putih’ usai menyerahkan langsung sumbangan buku itu kepada Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKPUS) Babel Asyraf Suryadin menjelaskan, muntok white peper ini ingi mempublikasikan hasil penelitian yang dilakukan di tahun 2020.

Selain itu, harapannya terutama mengenai ekonomi pertanian khususnya berkenaan dengan usaha tani lada bisa terekspos di nasional dan bisa dijadikan bahan referensi bagi adik-adik pelajar dan mahasiswa yang sedang menuntut ilmu dan penelitian. Sehingga nanti dapat dijadikan literature dalam penelitian mereka.

Dari UBB sendiri terkait usaha tani lada dalam persfektif ilmu ekonomi pertanian atau agribisnis, mungkin ini adalah pertama kali. Karena yang kami angkat didalamnya salah satunya adalah kelayakan usaha tani lada.

“Memang kita ketahui fenomena terakhir setahun terakhir sebelum kenaikan lada, harga lada ini mengalami penurunan, sehingga kita membutuhkan rekomendasi-rekomendasi, makanya kami buat buku berkenaan kelayakan usaha tani lada ini, untuk memberikan referensi bagi para petani agar mampu bersaing dari segi kualitas dan kuantitas,” ujarnya.

Asyraf Suryadin Kepala DKPUS Babel mengatakan, dengan adanya buku lada yang berjudul ‘Upaya Optimalisasi Tani Lada Putih’ atau Muntok White Peper ini, merupakan sebuah kebanggan.

“Kita sangat kurang dalam hal karya-karya terkait pertanian khususnya lada. Apalagi karya ini dibuat oleh akademisi di Babel,” kata Asyraf.

Mudah-mudahan, Asyraf berharap dengan adanya buku ini, setidak-tidaknya telah menambah referensi buku yang ada di Perpusprov.

“Harapan kita kepada penulis kiranya nanti terus saja berkarya menulis buku tentang lada ini. Harapan dan keinginan kami Perpusprov menjadi tempat bagi siapa saja yang ingin mencari referensi buku tentang lada, bisa datang ke Perpusprov Babel,” ungkap Asyraf.

Ke depan, dari Perpusprov akan membuatkan rak khusus buku-buku tentang lada. “Harapan kita juga kualitas dan harga lada nanti semakin baik. Bahkan kita juga berharap nanti ada tulisan-tulisan tentang bercocok tanam lada khususnya di Babel,” imbuhnya.

Selain buku tentang usaha tani lada putih, dalam waktu bersamaan Kadis DKPUS Babel Asyraf Suryadin juga menerima buku ‘Yang Muda Yang Berkarya’ terbitan UBB.

Sumber: 
DKPUS Babel
Penulis: 
Ahmad
Fotografer: 
Ahmad
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
DKPUS