Primary tabs

Dihadapan Tim Kemendagri, Rakhmadi Janjikan Tampilan Baru Wajah DKPUS

DKPUSBABEL, PANGKALPINANG – Tim Sekjen Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI melaksanakan sosialisasi pengembangan dan pembinaan Program Literasi ke sejumlah provinsi di Indonesia, salah satunya Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKPUS) Babel, Selasa (14/9/2021), adalah satu di antara dari sekian tujuan kunjungan tim dalam rangka menindaklanjuti program peningkatan budaya literasi di masyarakat, khususnya terkait Indeks Kegemaran Membaca dan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat tersebut.

Firdaus Maulana Anggota Tim Kemendagri menjelaskan, tujuan kedatangan mereka ke DKPUS Babel untuk mengangkat profil perpustakaan daerah provinsi.

“Kami datang ke daerah-daerah untuk melihat dari segi fisik sampai dokumen dan kiprah perpustakaan tersebut, kemudian akan dijadikan dalam suatu tulisan jurnal untuk kemudian di cetak dalam buku yang akan diterbitkan pada akhir tahun,“ ujar Firman di Ruang Kerja Kepala DKPUS Babel.

Didampingi Kabid, Kasi dan sejumlah Pustakawan DKPUS Babel, Kepala DKPUS Babel Rakhmadi menyambut baik kunjungan Tim kemendagri ini, sembari menerangkan kepada Tim Kemendagri situasi perkembangan DKPUS sekarang.

Termasuk mengenai sejauhmana penggunaan bantuan dana dekonsentrasi. Untuk hal ini, Rakhmadi meminta dan berharap agar penggunaan dana tersebut fleksibel diberikan kepada daerah dan tidak terkunci, sehingga pemerintah daerah dapat menggunakan dana itu secara maksimal, tetapi tetap dengan pengawasan dan kontrol dari pemerintah pusat.

Mengingat di daerah masih banyak kebutuhan untuk pengembangan pembangunan perpustakaan di berbagai segi.

Lebih lanjut Rakhmadi menjelaskan, DKPUS masih memerlukan anggaran lebih banyak untuk kedepannya, dan Perpusnas RI telah menyetujui pembangunan gedung baru Perpustakaan Provinsi pada tahun depan.

Dihadapan Tim Kemendagri, Rakhmadi juga menyampaikan bahwa Ia berjanji akan membuat tampilan baru untuk wajah DKPUS Babel.

“Saya ingin DKPUS ini tampil dengan wajah baru, dengan inovasi-inovasi terbaru dari para SDM di DKPUS ini,” tegas Rakhmadi.

Ke depan, Rakhmadi juga berjanji untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang bersifat pembinaan, pengembangan serta evaluasi monitoring.

Sebagai cinderamata, Rakhmadi juga memberikan kepada Tim Sekjen Kemendagri RI buku “Kisah Dibalik Nama Sebuah Kampung”  karangan Pustakawan DKPUS Babel.

Sumber: 
DKPUS Babel
Penulis: 
Aliyah
Fotografer: 
Aliyah
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
DKPUS