Primary tabs

Dinas Perpustakaan Kabupaten Lahat Belajar Kemajuan DKPUS Babel

DKPUSBABEL, PANGKALPINANG - Dinas Perpustakaan Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan melakukan lawatan ke Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk “belajar” perkembangan dan kemajuan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKPUS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Kedatangan rombongan Kabupaten Lahat dipimpin langsung Elfa Edison SP Kepala Dinas Perpustakaan Lahat itu, ke Kantor DKPUS Babel di Jalan Jenderal Sudirman, Pangkalpinang, disambut Kepala DKPUS Babel Asyraf Suryadin, Selasa (17/11/2020) pagi.

Dalam kesempatan itu, Asyraf Suryadin turut didampingi sejumlah Pejabat Administrator dan Fungsional DKPUS Babel.

Elfa Edison dihadapan Kepala DKPUS Babel mengatakan, salah satu daya tarik tempat wisata yang baik biasanya pelayanan publik perpustakaannya juga baik.

"Untuk mengembangkan perpustakaan, harus mencari dan belajar ke tempat yang lebih baik sebagai bahan perbandingan," jelas Elfa Edison.

Dinas Perpustakaan Kabupaten Lahat, lanjut dia, ingin mengetahui sekaligus belajar perkembangan dan kemajuan DKPUS Provinsi Babel sebagai bahan perbandingan.

Sementara itu, Kepala DKPUS Asyraf Suryadin menyambut baik dan mengapresiasi Kepala Dinas Perpustakaan Lahat yang menjadikan DKPUS Babel sebagai tujuan “Belajar” dari Dinas Perpustakaan Kabupaten Lahat.

Kepada rombongan Dinas Perpustakaan Lahat Asyraf menjelaskan sejauh mana DKPUS Babel saat ini, berusaha melaksanakan transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial yang juga sebagai program nasional.

“Sejumlah program dan kegiatan sosialisasi  telah dilakukan oleh DKPUS sampai saat ini, dimulai dari program pojok baca sekaput, kegiatan-kegiatan dalam meningkatkan minat baca , virtual meeting dan talkshow,” paparnya.

Selain itu, kata Asyraf, DKPUS Babel juga telah merencanakan pembangunan gedung baru Kantor DKPUS Babel tahun depan guna mendukung pelayanan di bidang perpustakaan, termasuk meningkatkan minat baca masyarakat.

Asyraf menjelaskan, untuk mengembangkan transformasi berbasis inklusi sosial yang dimulai dari desa-desa tersebar di kabupaten yang ada di Provinsi Babel, dibutuhkan publikasi media.

Selesai berdialog, rombongan Dinas Perpustakaan Lahat diajak berkeliling Kantor DKPUS Babel sekaligus melihat-lihat kondisi Perpustakaan dan Kearsipan yang dimiliki DKPUS Babel.

Sebelum meninggalkan Kantor DKPUS Babel, rombongan Dinas Perpustakaan Lahat, mendapatkan cinderamata berupa buku hasil karya Kepala DKPUS Babel Asyraf Suryadin.

Sumber: 
DKPUS BABEL
Penulis: 
Aliyah
Fotografer: 
Munawar
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
DKPUS