Primary tabs

DKPUS akan Revisi Buku Sejarah Pembentukan Babel jadi Provinsi, Diawali Webinar

DKPUSBABEL, PANGKALPINANG – Sampai saat ini, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) memiliki lebih dari satu buku terkait Sejarah Pembentukan Babel menjadi Provinsi. Untuk menyempurkan sejarah tersebut, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKPUS) Babel akan melakukan kesepakatan revisi terhadap buku tersebut, dan menjadikannya hanya satu buku.

Hal itu menurut Rakhmadi Kepala  DKPUS Babel perlu dilakukan agar masyarakat tidak bingung kenapa isi buku tentang sejarah pembentukan Babel menjadi Provinsi beda-beda.   

“Selama ini, masyarakat masih melihat adanya beberapa sumber informasi baik dari pelaku maupun testimoni yang diminta. Jangan sampai versi a, b beda-beda. Disinilah yang harus kita bakukan di literasi ketiga bahwa versi pembentukan Babel menjadi provinsi ada di buku penyempurnaan,” kata Rakhmadi di ruang kerjanya baru-baru ini.

Jadi, pihaknya akan melakukan penyepakatan hasil revisi akhir pembentukan Babel. Jangan sampai cerita ini bias. “Kita akan meminta testimoni secara kepada tokoh-tokoh pembentukan Babel,” ujarnya.

Langkah awal, disampaikan Rakhmadi, DKPUS Babel akan menggelar Webinar Webinar Kearsipan. “Untuk Webinar kearsipan ini, terkait dengan dokumen-dokumen penting. Misalnya arsip yang bersifat statis itu harus kita formulakan, informasikan yang terkait peristiwa-peristiwa yang ada di Kabupaten/kota,” jelas Rakhmadi.

“Tapi, saya ingin yang pertama kita virtualkan itu menjelaskan kedudukan sejarah Babel yang saat ini ada beberapa versi. Dengan hal itu, harus kita putuskan bahwa sejarah yang dibuat melalui Biro Kesra beberapa waktu lalu, itu yang akan kita tetapkan, sehingga masyarakat tidak mengambil sumber 1 atau 2, tapi langsung ke sumber 3,” tegas Rakhmadi.

Sebab, sambung Rakhmadi, sumber di buku ketiga itu sudah utuh, hasil dari evaluasi. “Kita tetapkan dengan keputusan Gubernur bersama tim DPRD. Jadi, jangan sampai bias,” imbuhnya.

Mulai sekarang Rakhmadi berharap tenaga arsiparis yang ada di DKPUS Babel menelaah itu. “Nanti, kalau masyarakat mau baca buku sejarah pembentukan Babel menjadi provinsi harus membaca buku ketiga yang telah direvisi dan ditetapkan melalui SK Gubernur bersama Tim DPRD,” tutupnya.

Sumber: 
DKPUS Babel
Penulis: 
Ahmad
Fotografer: 
Ahmad
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
DKPUS