Primary tabs

DKPUS Babel Apresiasi Pustakawan Berprestasi Melalui Lomba

DKPUSBABEL, PANGKALPINANG – Profesi Pustakawan tugas utamanya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dengan menyediakan informasi dan pengetahuan dalam berbagai format bahan perpustakaan yang terkelola secara sistematis.

Atas hal tersebut, Pustakawan selayaknya mendapatkan apresiasi besar seperti profesi lain. Oleh karena itulah, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKPUS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) memberikan apresiasi kepada para Pustakawan berprestasi melalui Kegiatan Lomba.

Pemilihan Pustakawan Berprestasi di Provinsi Bangka Belitung merupakan kompetisi tahunan yang diselenggarakan secara periodik.

Selain untuk meningkatkan motivasi dan inovasi para Pustakawan, lomba ini juga untuk memberikan penghargaan kepada Pustakawan yang memiliki prestasi terbaik.

Untuk tahun 2021 ini,  Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel melalui DKPUS Babel kembali melaksanakan seleksi Pustakawan berprestasi terbaik yang ada di wilayah Provinsi Babel.

Ketua Panitia Lomba sekaligus Pustakawan Madya DKPUS Babel, Rohayani menjelaskan kronologis tahapan pelaksanaan Lomba Pustakawan Berprestasi Tingkat Provinsi dimulai dari penyebaran surat peserta ke Kabupaten/Kota terutama ke tiap Perpustakaan Daerah, Perguruan Tinggi dan Perpustakaan Khusus yang ada di OPD-OPD.

Selanjutnya akan diseleksi Pustakawan yang berhak mengikuti lomba ini. Waktu pelaksanaan lomba dilaksanakan antara 1 April – 30 Juni 2021 menyesuaikan dengan jadwal.

“Dikarenakan limit akhir, pengiriman berkas pemenang juara 1 Provinsi dimulai dari 1 – 30 Juni 2021 sudah harus dikirim ke tingkat nasional dan untuk pemenang atau juara 1 Pustakawan Berprestasi berhak untuk mengikuti Lomba Pustakawan Berprestasi Nasional yang akan diselenggarakan secara virtual,” jelas Rohayani.

Ditambahkan pula bahwa pelaksanaan seleksi Pustakawan Berprestasi Tingkat Nasional dilaksanakan berkisar pada tanggal 2-8 Agustus 2021.

Sementara untuk penjurian lomba, ditunjuk profesional yang telah ahli dibidangnya seperti Pustakawan, Pakar Kepustakawanan, wakil di organisasi provinsi Pustakawan atau wakil lembaga pendidikan perpustakaan atau wakil tim penilai Pustakawan.

Tiap pemenang berhak mendapatkan uang tunai apresiasi dari Pemerintah Provinsi Bangka Belitung. 

Sumber: 
DKPUS Babel
Penulis: 
Rohayani
Fotografer: 
Aliyah
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
DKPUS