Primary tabs

DKPUS Bateng Konsultasi Pengawasan Arsip 2021 ke DKPUS Babel

DKPUSBABEL, PANGKALPINANG - Tahun 2021, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung mengadakan kegiatan pengawasan arsip eksternal untuk kearsipan.

Jika sebelumnya kegiatan itu disebut Laporan Audit Kearsipan External (LAKE), maka tahun ini berubah menjadi Audit Sistem Kearsipan External (ASKE).

Untuk hal itulah, Kepala DKPUS Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) Budi Utama, Jumat (23/4/2021) mengajak sejumlah stafnya berkonsultasi ke DKPUS Provinsi Babel mengenai ASKE tersebut.

Kedatangan rombongan DKPUS Kabupaten Bangka Tengah tersebut diterima oleh Yanti Trisna, Kepala Bidang Pembinaan dan Pengawasan Kearsipan beserta para Arsiparis.

Yanti melalui Elysa, Kasubbid Pengawasan Kearsipan DKPUS Babel menjelaskan, dikarenakan kegiatan ini masih baru, sehingga cara penginputannya masih menunggu sosialisasi dari ANRI.

“Tanggal 26 April ini ANRI akan mengadakan demo sosialisasi secara zoom untuk belajar tentang peinputan instrumennya,” jelas Elysa.

Demo pengawasan kerasipan secara eksternal tersebut selanjutnya akan disosialisasikan ke tiap perangkat daerah yang ada di kabupaten/kota. Berbeda dengan pengawasan kearsipan secara internal yang bermula dari LKD provinsi/kabupaten/kota melanjutkan ke perangkat daerah masing-masing.

DKPUS Kabupaten Bangka Tengah juga menanyakan berapa banyak target yang harus dicapai oleh masing-masing OPD, dan menurut Elysa hal tersebut berdasarkan kemampuan dan kebijakan OPD itu sendiri.

Adapun instrumen yang akan di audit meliputi Kebijakan, Pembinaan,Pengelolaan arsip inaktif yang memiliki retensi (masa simpan) sekurang-kurangnya 10 tahun, Pengelolaan arsip statis yang meliputi akuisisi, pengolahan, preservasi (perlindungan) arsip, akses serta SDM kearsipan.

Selain menerima konsultasi, DKPUS  juga menyerahkan hasil audit Laporan Audit Kearsipan External (LAKE) Tahun 2020 untuk DKPUS Kabupaten Bangka Tengah.

Sumber: 
DKPUS Babel
Penulis: 
Aliyah
Fotografer: 
Aliyah
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
DKPUS