Primary tabs

Erwin Djali Serahkan Buku Tua Bernilai Sejarah ke DKPUS Babel

DKPUSBABEL, PANGKALPINANG – Kolektor Buku, Erwin Djali yang merupakan putra asli Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), dan tinggal di Jakarta, menyerahkan sejumlah buku tua ke Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKPUS) Babel.

Buku-buku yang memiliki historis tinggi tersebut diterima secara langsung Kepala DKPUS Babel Asyraf Suryadin di ruang kerjanya, Selasa (25/5/2021).

Disela-sela penyerahan buku, Erwin mengaku dirinya tidak pintar, tetapi mengetahui banyak hal dari membaca buku. Untuk itulah, buku-buku yang serahkan ini, bisa dijadikan koleksi di DKPUS, dan dapat bermanfaat bagi orang banyak.

“Kalau cuma saya yang membaca, ilmu hanya akan berkembang di saya saja. Tetapi jika saya serahkan ke DKPUS Babel ini, maka akan berguna bagi orang lain,” ujar Erwin Djali.

Ia berharap, agar lewat buku dapat  menyebarkan “virus-virus literasi” ke masyarakat Bangka Belitung terutama pada kaum muda Bangka Belitung.

Menurutnya, kekayaan Bangka Belitung bukan terletak pada timah atau lada melainkan pada sumber daya manusianya itu sendiri karena menurutnya salah satu peningkatan kualitas SDM yang mampu berdaya saing dan berkompeten adalah melalui buku.

Erwin Djali mempercayai, dengan  menyerahkan buku-buku nya kepada DKPUS karena DKPUS adalah pusat informasi dan data bagi orang-orang yang membutuhkan.

Harapannya, melalui buku dapat meliterasikan Bangka Belitung, karena dengan literasi, Bangka Belitung tambah maju dan sukses.

Sosok Erwin Djali memulai kecintaannya kepada buku sejak kecil sampai dengan sekarang. Rasa sukanya terhadap buku telah melalui banyak proses dan rela “hunting” ke tiap tempat di Jakarta untuk mencari buku. Tak jarang pedagang buku bekas yang menawarkan buku-buku kepada Erwin Djali.

Sementara itu, Asyraf Suryadin menyambut senang adanya penambahan koleksi buku-buku DKPUS tersebut, sekaligus memberikan koleksi bukunya ke Erwin Djali dan  memberikan sertifikat sebagai tanda ucapan terima kasih.

Sumber: 
DKPUS Babel
Penulis: 
Aliyah
Fotografer: 
Aliyah
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
DKPUS