Primary tabs

Evaluasi Kinerja, Rakhmadi Checklist Satu Persatu Kegiatan Pegawai DKPUS

DKPUSBABEL, PANGKALPINANG – Setelah resmi menjabat selama tiga bulan, Rakhmadi Kepala Dinas Kearsipandan Perpustakaan (DKPUS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rabu (1/9/2021) melakukan evaluasi terhadap kinerja keseluruhan Pegawai DKPUS Babel.

Evaluasi dimulai dari Bidang Perilndungan dan Penyelamatan Arsip beserta Bidang Pengelolaan Arsip digelar mulai Pukul 08.00 Wib hingga Pukul 10.00 Wib.

Dalam rapat evaluasi yang dihadiri masing-masing Kepala Bidang, Kasi beserta Arsiparis di DKPUS Babel itu, Rakhmadi melakukan checklist satu per satu kegiatan yang dilaksanakan pegawai pada bulan Agustus 2021 kemarin.

“Setelah tiga bulan memimpin, saya harus melakukan evaluasi. Apalagi sekarang masih dalam masa pandemi covid19. Jadi, apa saja yang telah dilakukan selama bulan kemarin (Agustus-red),” tanya Rakhmadi sembari memanggil satu per satu nama pegawai berikut berapa kegiatan yang dilaksanakan di bulan Agustus lalu.

Nama-nama pegawai yang di panggil langsung menjawab 1, 2, 3 kegiatan.

Pada pukul 14.00 Wib sampai 16.00 Wib rapat evaluasi kinerja dilanjutkan ke dua bidang yang menangani Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan, Naskah Kuno, serta para Pustakawannya.

Di dua bidang tersebut, Rakhmadi pun melakukan checklist satu per satu pegawai beserta kegiatan yang dilaksanakan selama bulan Agustus 2021.

Menurut Rakhmadi, evaluasi kinerja perlu dilakukan, untuk mengetahui sejauhmana capaian kinerja pegawai di masa covid19 ini, sekaligus sebagai upaya dirinya memberikan dorongan agar pegawai DKPUS Babel tetap berkreasi dan berinovasi meski di tengah pandemi covid19.

“Tidak ada alasan bagi para Pegawai malas, apalagi korup bahkan akal-akalan dalam bekerja,” ujar Rakhmadi.

Ingat, kata Rakhmadi, ASN itu bekerja sudah ditentukan minimal sekian puluh jam  dalam seminggu. Ditambah lagi untuk Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel juga diberikan tunjangan penghasilan yang cukup besar.

Untuk itu, mulai saat ini, Ia akan menerapkan aturan kepegawaian, yang dimulai dari disiplin masuk dan pulang kerja.

“Reward dan punishment akan saya berlakukan. Kalau mau berpacu untuk maju, ayo. Kalau tidak mau maka akan ketinggalan,” katanya.

Rakhmadi dalam kesempatan itu tak lupa mengingatkan Kode Etik ASN Provinsi Babel “Berkah” yaitu kepanjangan dari Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa; Eratkan dan Kuatkan Kebersamaan; Respon dalam Melayani Masyarakat; Kerja sama dalam Melaksanakan Tugas; Amanah Wajib di Junjung Tinggi; Hindari Malas dan Ketidakpedulian.

Tak lupa pula Rakhmadi Kepala DKPUS Babel mengingatkan kembali Fondasi baru bagi ASN yang diluncurkan Presiden Jokowi beberapa waktu lalu, sekaligus #bangga melayani bangsa.

“Kepada para Pegawai jangan pelit berbagi ilmu. Keberhasilan program tergantung pada kesolidan dan tim yang ada, bekerja dalam bingkai kebersamaan,” tutup Rakhmadi.

Rakhmadi rencanya akan kembali melakukan evaluasi kinerja para pegawa DKPUS Babel, untuk bulan berikutnya.

Sumber: 
DKPUS Babel
Penulis: 
Ahmad
Fotografer: 
Ahmad
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
DKPUS