Primary tabs

Giliran Perpustakaan "Pelawan Hijau" Namang Dinilai Tim Juri Lomba DKPUS Babel

DKPUSBABEL, NAMANG -  Penilaian Lomba Perpustakaan SMA/SMK sederajat tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) masih berlanjut. Kini, giliran Perpustakaan “Pelawan Hijau” SMAN 1 Namang, Bangka Tengah yang dinilai oleh Tim Juri Lomba dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKPUS) Babel.

Perpustakaan yang terakreditasi B tersebut sebelumnya sudah pernah menjadi Juara Harapan 1 tingkat Provinsi Babel untuk lomba serupa, dan terpilih kembali untuk mewakili Kabupaten Bangka Tengah untuk tahun 2021 ini.

Kedatangan Tim Juri Lomba yang berjumlah tiga orang Selasa (27/4/2021) itu, disambut langsung Kepala SMAN 1 Namang, Jumani, dan pengelola Perpustakaan “Pelawan Hijau” SMAN 1 Namang.

Tak berselang lama tiba, dan menerima bahan persyaratan lomba, Tim Juri Lomba langsung melakukan penilaian terhadap Perpustakaan “Pelawan Hijau” SMAN 1 Namang. Penilaian dilakukan salah satunya dengan pertanyaan-pertanyaan.

Uliarta Simanjuntak Tim Juri Lomba Perpustakaan SMA/SMK sederajat tingkat Provinsi Babel Tahun 2021 mengatakan, penilaian terhadap Perpustakaan “Pelawan Hijau” sama seperti Perpustakaan SMA/SMK lainnya.

Instrumen yang dijadikan dasar penilaian oleh Tim Juri Lomba Perpustakaan meliputi 9 aspek, yaitu aspek organisasi/kelembagaan, gedung/ruang perpustakaan, perabotan/perlengkapan, anggaran perpustakaan, aspek tenaga pengelola perpustakaan, koleksi perpustakaan, layanan dan kerja sama, program dan kegiatan serta aspek penguat.

Selain itu, dikatakan Uliarti Simanjuntak selaku Tim Juri Lomba, Pemeriksaan juga melingkup mengecek kebenaran data yang ada di dokumen dan wawancara langsung mengenai instrumen tersebut.

Kepala Sekolah SMA 1 Namang, Jumani menyampaikan terima kasih atas penilaian Tim Juri Lomba dari DKPUS Babel.

Menurut dia, pihaknya terus membenahi, melengkapi dan mengupdate kekurangan-kekurangan instrumen untuk persiapan lomba tahun ini.

Salah satunya menata ruangan, memperbanyak koleksi buku berjenis fiksi dan mengurangi buku-buku paket di rak perpustakaan.

Dengan kesadaran untuk meningkatkan budaya literasi membaca bagi para siswa disekolahnya, Jumani berusaha terus mencari cara agar perpustakaannya terus berkembang.

"Dengan dana khusus untuk perpustakaan dan berbagai sinergi yang baik dengan beberapa pihak, kami berusaha untuk fokus pada pengembangan perpustakaan sekolah kami," ungkap Jumani.

Pernah menjadi juara 1 Adibahasa tingkat provinsi tahun 2020,  SMA Negeri 1 Namang, kata dia,  berusaha mematuhi setiap instrumen kelayakan untuk peningkatan perpustakaan sekolah dengan harapan dapat menjadi "Role Model" khususnya di lingkungan SMAN 1 Namang.

Sebelum mengakhiri penilaian, Tim Juri Lomba dari DKPUS Provinsi Babel juga menerima buku-buku hasil karya cetak SMAN 1 Namang untuk disimpan sebagai deposit DKPUS, yang diserahkan langsung Kepala SMAN 1 Namang, Jumani.

Sumber: 
DKPUS Babel
Penulis: 
Aliyah
Fotografer: 
Aliyah
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
DKPUS