Primary tabs

Ikuti Pembukaan Lomba Bertutur Tingkat Nasional, Ini Harapan Kepala DKPUS Babel

DKPUSBABEL, PANGKALPINANG – Kembali, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) menggelar Lomba Bertutur Bagi Siswa Siswi SD/MI Tingkat Nasional Tahun 2021 secara virtual.

Pembukaan Lomba tingkat nasional secara virtual untuk tahun kedua yang digelar Senin (6/9/2021) itu, turut diikuti Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKPUS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Rakhmadi, dan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan seluruh Provinsi di Indonesia.

Kegiatan yang berlangsung sejak 6 – 10 September 2021 tersebut, diikuti sebanyak 34 peserta dari seluruh Provinsi di Indonesia, dan dibuka secara resmi Kepala Perpusnas RI Muhammad Syarif Bando.

Kepala Perpusnas RI dalam sambutannya mengatakan anak-anak Indonesia inilah yang akan menuturkan peradaban bangsa Indonesia 25 tahun yang akan datang.

“Mereka adalah simbol dari sebuah peradaban yang akan mewarnai percaturan global,” ujar Syarif Bando.

Melalui kegiatan Lomba Bertutur ini, ditambahkannya, tiap anak akan menunjukkan eksistensi dan kredibilitasnya dalam hal kemampuan analitikal thinkingnya untuk mengejawantahkan dirinya apa yang telah terpatri didalam otaknya.

Ketika anak-anak menjadi juara nanti, sambung Syarif Bando, maka ia bukan saja menjadi kebanggaan daerah, tetapi juga kebanggan negara Indonesia.

Kepala Pusat Analisis Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Baca Perpusnas, Adin Bondar sebelumnya mengatakan, dalam menyikapi rencana kerja pemerintah tahun 2021 salah satunya dengan meningkatkan kegemaran membaca dan literasi.

Dari Lomba Bertutur ini diharapkan dapat mengembangkan kegemaran membaca sejak dini bagi siswa/siswi SD/MI. Ia juga menyampaikan apresiasi atas perhatian Pemerintah Daerah.

“Kami ucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah, Kepala Dinas DKPUS, kepala sekolah dan para orang tua peserta yang telah mendidik anak-anak ini mengambil peran dalam pembangunan nasional,“ ujar Adin Bondar.

Pengumuman pemenang 1,2,3 akan diumumkan pada acara GEMILANG, yaitu acara pemberian apresiasi tertinggi kepustakawanan Indonesia pada Oktober mendatang.

Usai pembukaan, Rakhmadi Kepala DKPUS Babel berharap Mikhaella peserta yang mewakili Babel yang berada di urutan ke-17 dan akan tampil Selasa 7 September, dapat mempersiapkan diri, dan tampil sebaik mungkin.

“DKPUS Babel mensupport penuh supaya Mikhaella mampu meraih yang terbaik di tingkat nasional,” ucapnya.

Pada hari pertama setelah pembukaan 6 September, sebanyak 10 peserta langsung tampil memperlihatkan keahliannya dalam menuturkan cerita di depan 5 dewan juri yang terdiri dari Pendongeng, Pegiat Literasi, Psikolog Anak dan Pustakawan Utama.

Sumber: 
DKPUS Babel
Penulis: 
Aliyah
Fotografer: 
Aliyah
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
DKPUS