Primary tabs

Inovasi Layanan Perpusda Belitung Jadi Perhatian Kepala DKPUS Babel

DKPUSBABEL, BELITUNG – Sela waktu kunjungan kerja ke Perpustakaan Kabupaten Belitung Timur (Beltim) Selasa (12/10/2021) turut dimanfaatkan Rakhmadi Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKPUS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) untuk meninjau Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Belitung.

Kehadiran Kepala DKPUS diterima Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Belitung Paryanta.

Setibanya di Perpusda Belitung, Rakhmadi didampingi Kepala DPK Belitung, dan Pustakawan DKPUS Babel langsung melihat-lihat ruang Perpustakaan Daerah Kabupaten Belitung.

Menariknya, Inovasi layanan Perpusda Belitung sontak menjadi perhatian dari Rakhmadi Kepala DKPUS Babel.

Sorotan pertama adalah penataan ruang layanan perpustakaan yang baik dan menarik. Selain itu, kunjungan Perpustakaan berhadiah laptop, sepeda, dan hadiah menarik lainnya, melibatkan stakeholder melalui CSR. Kemudian juga ada kartu perpustakaan bisa digunakan untuk mendapatkan potongan harga saat belanja.

“Kita ingin mendengarkan dan melaihat langsung secara fisik, ternyata ruangan Perpusda Belitung ini dalam mengembangkan literasinya membuat motivasi begitu baik dari segi penataannya, seperti penataan dokumen, motivasi berkaitan dengan program kerja kedinasannya, dan dalam memacu untuk minat baca,” kata Rakhmadi.

Bagaimana pun, menurut Rakhmadi, provinsi teman kerjanya ada di kabupaten. “Saya berharap ke depan perpustakaan kabupaten/kota dibawah naungan Provinsi Babel akan lebih maju, dan memberikan kebanggaan tersendiri bagi daerah kita,” harapnya.

Oleh karena itu, untuk memotivasi minat baca masyarakat, Ia berharap Perpustakaan Daerah Provinsi Babel harus lebih baik. Mengapa? Karena provinsi mitra kerja dan CSR nya lebih banya dan lebih luas.

Paryanta Kepala DPK Belitung mengatakan, untuk pengembangan Perpusda Belitung, selain penatanaan, penambahan sarpras, pihaknya ada program-program inovasi. Yang pertama tentang perpustakaan digital atau disebut e-belitung.

Berikutnya ada program literasi elektronik jalanan untuk kita (Lejuk) yaitu perpustakaan keliling yang dilengkapi dengan wifi, sehingga aksesnya bisa dinikmati masyarakat.

“Untuk meningkatkan minat baca kunjungan ke Perpusda Belitung, kami mengembangkan inovasi kunjungan berhadiah. Jadi, mereka yang hadir ke perpustakaan kita beri kupon dan akan di undi di akhir tahun. Hadiahnya ada laptop, kulkas, mesin cuci, sepeda lipat dan souvenir lain,” sebut dia.

Tak Cuma itu, ada pula inovasi kartu perpustakaan bisa digunakan untuk potongan harga belanja di beberapa UKM yang sudah dilakukan kerja sama dengan Perpusda Belitung, termasuk untuk menginap di hotel ada potongan sampai 25 persen, dan belanja-belanja sampai 10 persen.

“Program nasional yang kita kembangkan juga tentang Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial. Ini kita lakukan kerja sama dengan desa-desa, dan ini sudah berjalan dengan baik,” tutupnya.

Sumber: 
DKPUS Babel
Penulis: 
Ahmad/Zulkifli
Fotografer: 
Zulkifli
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
DKPUS