Primary tabs

Kabupaten dan Kota Diimbau Kirim Peserta Lomba Bertutur Tingkat Provinsi, Khusus Siswa SD/MI

DKPUSBABEL, PANGKALPINANG - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKPUS) akan menggelar Lomba Bertutur khusus untuk Siswa-Siswi Sekolah Dasar (SD)/ Madrasah Ibtidaiyah (MI) Tingkat Provinsi Babel Tahun 2021.

Untuk hal itu, kepada Kabupaten/Kota diimbau agar bisa mengirimkan peserta Lomba Bertutur Tingkat Provinsi khusus bagi Siswa-siswi SD/MI tersebut.

“Kepada Kabupaten/Kota di Babel agar mengirimkan peserta dalam kegiatan yang mengusung tema “Membangun Generasi Muda Indonesia Gemar Membaca serta Menumbuhkan Karakter Bangsa Melalui Kecintaan Terhadap Budaya Lokal Provinsi Kepulauan Bangka Belitung” ini,” kata Ketua Pelaksana Kegiatan Lomba Bertutur Tingkat Provinsi, Padli,” Kamis (15/4/2021).

Kegiatan akan dilaksanakan pada 13 Juli 2021 di Aula Kantor DKPUS Babel, Jalan Jenderal Sudirman Pangkalpinang.

Padli menyebutkan, kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan memberi apresiasi dan motivasi pembudayaan kegemaran membaca melalui jalur satuan pendidikan di tingkat SD/ MI, khususnya yang memiliki perpustakaan sekolah.

Selain itu, untuk menumbuhkembangkan kegemaran membaca anak-anak serta kecintaan terhadap karya budaya melalui berbagai bacaan atau buku; mengangkat dan mempopulerkan buku-buku cerita budaya daerah (lokal) yang isinya mengandung nilai–nilai kepahlawanan dan misi membangun karakter bangsa (baik buku bernuansa cerita kepahlawanan,  dongeng, silsilah desa/daerah maupun legenda).

Peserta Lomba Bertutur kali ini, ditambahkan Padli, adalah perwakilan Siswa-siswi SD/MI dari Kabupaten/Kota di Babel. Mereka adalah utusan Kabupaten/Kota yang didapat melalui Lomba Bertutur tingkat Kabupaten/Kota.

Untuk mengikuti Lomba Bertutur Tingkat Provinsi Tahun 2021 tersebut, ada sejumlah persyaratan yang harus dilalui, diantaranya: Pertama, peserta lomba adalah siswa-siswi SD/MI Kelas 5 di bulan Juli 2021, yang merupakan pemenang pertama di tingkat kabupaten/kota, merupakan utusan dan dikirim oleh pemerintah kabupaten/kota yang bersangkutan.

Kedua, berasal dari SD/MI negeri dan swasta memiliki perpustakaan yang dikelola dan didayagunakan dengan baik sekurang-kurangnya 2 tahun terakhir. Ketiga, memiliki pengalaman membaca secara baik sekurang-kurangnya 5 judul buku bacaan terkait dalam 2 tahun terakhir.

Keempat, melampirkan/menunjukkan surat keterangan dari kepala sekolah masing-masing tentang yang bersangkutan memenuhi persyaratan dan/atau persetujuan untuk mengikuti lomba.

Padli yang merupakan Pustakawan Madya DKPUS Babel itu mengingatkan kepada para peserta Lomba Bertutur Tingkat Provinsi Babel agar memperhatikan materi yang akan disampaikan saat pelaksanaan lomba.

“Materi lomba adalah cerita rakyat bermuatan lokal yang mengandung nilai perjuangan, kepahlawanan atau legenda yang membangun pendidikan karakter bangsa seperti: sikap nasionalisme, sikap jujur, sikap religius, sikap peduli lingkungan, sikap tanggung jawab, sikap disiplin, sikap kerja keras, sikap kreatif, sikap mandiri, sikap demokratis, sikap cinta damai, sikap bersahabat, sikap toleransi dan sikap senang belajar,” papar Padli.

Kriteria lain yang dipersyaratkan dalam penyampaian cerita, sambung Padli, terhadap isi buku cerita yang dipilih telah diedit dan diminimalisir dari aspek kekerasan; pembunuhan; perebutan kekuasan; percintaan, romantisme, dan perselingkuhan.

Bagi para pemenang, kata Padli, selain mendapatkan Piagam, Plakat, dan uang tunai apresiasi, juga akan mewakili Babel dalam Lomba Bertutur Siswa SD/MI tingkat Nasional tahun 2021.

Padli mengimbau kepada Kabupaten/Kota yang belum melakukan seleksi atau Lomba Bertutur bagi Siswa SD/MI tingkat Kabupaten/Kota, agar segera melaksanakannya, sehingga bisa didapatkan perwakilan masing-masing Kabupaten/Kota untuk diikutsertakan ke tingkat provinsi.

Sumber: 
DKPUS Babel
Penulis: 
Padli
Fotografer: 
Ahmad
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
DKPUS