Primary tabs

Kades, Lurah dan Pengelola Perpusdes Se-Babel Ikuti Sosialisasi Akreditasi Perpustakaan

PANGKALPINANG - Kepala Desa (Kades)/Lurah, Pengelola Perpustakaan Desa (Perpusdes)/Kelurahan se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), dan Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Provinsi Babel, mengikuti Sosialisasi Akreditasi Perpustakaan.

Kegiatan tersebut diselenggarakan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKPUS) Babel secara online, dan dibuka Kepala DKPUS Babel Rakhmadi diwakili Kabid Pembinaan Pengembangan Perpustakaan DKPUS Babel Abu Hapas dari Ruang Tanjung Pendem Kantor Gubernur Babel, Kamis (28/7/2022).

Turut hadir dalam kegiatan yang berlangsung sehari itu, Sub Koordinator di Bidang Pembinaan Pengembangan Perpustakaan, para Pustakawan, dan narasumber baik offline maupun online, diantaranya Dedi Junaedi Pustakawan Ahli Utama Perpsutakaan Nasional.

Narasumber lainnya ada Kabid Pembinaan Pengembangan Perpustakaan DKPUS Abu Hapas, Kabid Pemerintahan Desa Dinas Sosial dan PMD Babel Nizwan Sastrayuda, Padli Pustakawan Ahli Madya DKPUS Babel.    

Kepala DKPUS Babel melalui sambutannya yang dibacakan Kabid Pembinaan Pengambangan Perpustakaan DKPUS Babel Abu Hapas mengatakan, sosialisasi ini dilaksanakan untuk membangun pemahaman akan pentingnya akreditasi perpustakaan.

Perpustakaan, dijelaskannya, adalah wahana belajar sepanjang hayat, salah satu sumber belajar. Perpustakaan mempunya peran strategis dalam rangka mencerdaskan masyarakat, memberdayakan masyarakat, serta meningkatkan taraf hidup masyarakat.  

Akreditasi perpustakaan dimaksudkan, papar Abu Hapas, untuk menilai tingkat kesesuaian bahwa perpustakaan yang bersangkutan telah memenuhi persyaratan untuk melakukan kegiatan pengelolaan perpustakaan.

“Dengan terakreditasi, maka perpustakaan dapat meningkatkan kepercayaan public bahwa kinerja perpustakaan telah memenuhi standar nasional perpustakaan serta menjamin konsistensi kualitas kegiatan perpustakaan yang bersangkutan,” kutip Abu.

Melalui kegiatan ini diharapkan para Kades/Lurah dan Pengelola Perpustakaan Desa/Keluarahan dapat menambah  wawasan dalam menyikapi standarisasi dan akreditasi perpustakaan, dapat mengetahui standar pengelolaan perpustakaan yang dapat diimplementasikan, serta dapat memberikan andil terhadap penerapan standarisasi perpsutakaan bagi semua tingkatan.

Sumber: 
DKPUS Babel
Penulis: 
Ahmad
Fotografer: 
Ahmad
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
DKPUS