Primary tabs

Kadis DKPUS Cicipi Madu Kelulut Binaan Perpusdes Cendil

DKPUSBABEL, BELITUNG TIMUR – Kunjungan Asyraf Suryadin Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKPUS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dalam rangka meninjau Proses Penilaian Lomba Perpustakaan Umum (Desa/Kelurahan) Terbaik Tingkat Provinsi Tahun 2021, ke Kabupaten Belitung Timur (Beltim) Jumat (28/5/2021), sedikit berbeda dari Kabupaten lainnya.

Penyebabnya, selain melihat kondiri Perpustakaan Desa (Perpusdes) Cendil yang menjadi Peserta Lomba, Asyraf bersama rombongan diberikan kesempatan untuk menikmati Sensasi Madu Kelulut yang merupakan binaan Perpusdes Centil langsung dari sarang atau penangkarannya.

Penangkaran Madu Kelulut itu sendiri berada di kawasan hutan di areal Desa Cendil, Kecamatan Kelapa Kampit, Kabupaten Beltim.

Agustiranda, Pengelola Madu Kelulut Desa Cendil binaan Perpusdes Cendil secara singkat mengungkapkan, awal mulanya Madu Kelulut ini sarangnya dibeli dari masyarakat.

Pengangkutannya tidak boleh siang hari, harus malam hari. Karena, Kalau malam hari semua induk ada di sarang, dan bila siang hari lebah terbang kemana-mana.

Untuk penen, rata-rata kalau sedang produktif rata-rata satu sarang itu ada setengah liter madu, dengan harga jualan per liter 300 ribu rupiah.

Asyraf Suryadin Kadis DKPUS Babel sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Beltim melalui Perpusdes Cendil, yang berhasil membina masyarakat setempat untuk mengelola dan mengembangkan peternakan Madu Kelulut.

Apa yang dilakukan oleh Perpusdes Cendil ini, katanya, patut untuk ditiru dan jadikan contoh bagi desa-desa lain yang ada di Babel. Inilah salah satu wujud dari aplikasi Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial.

Sumber: 
DKPUS Babel
Penulis: 
Ahmad
Fotografer: 
Wiwit
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
DKPUS