Primary tabs

Kadis DKPUS Pantau Penilaian Lomba Perpustakaan di SMA Santo Yosep

DKPUSBABEL, PANGKALPINANG – Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKPUS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Asyraf Suryadin memantau secara langsung proses penilaian Lomba Perpustakaan SMA/SMK sederajat yang dilakukan oleh Tim Penilai dari DKPUS Babel di SMA Santo Yosep Pangkalpinang.

Kadis DKPUS yang tiba sekitar pukul 09.15 Jumat (16/4/2012) itu, selain melihat sekilas Tim Penilai Lomba DKPUS Babel melakukan penilaian, didampingi Kepala Perpustakaan SMA Santo Yosep, Friedelis,  juga melihat sarana prasarana dan area yang menjadi kawasan atau titik-titik baca di SMA Santo Yosep.     

Tak hanya meninjau kondisi riil Perpustakaan SMA Santo Yosep, Kadis DKPUS Asyraf Suryadin pun menyempatkan diri menyambangi Kepala SMA Santo Yosep Frans, guna memberikan support untuk kemajuan Perpustakaan SMA Santo Yosep Pangkalpinang.

Disela-sela pantauannya, Asyraf mengatakan, Ia sengaja hadir langsung di SMA Santo Yosep Pangkalpinang ini, dalam rangka melihat proses Lomba Perpustkaan SMA/SMK tingkat Provinsi Babel Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh DKPUS Babel.

Ini merupakan sekolah pertama yang dinilai. “Saya kunjungi langsung untuk melihat proses penilaiannya. Kemudian akan kita lanjutkan penilaian lagi ke SMA/SMK lain yang ada di Kabupaten/Kota di Babel,” kata Asyraf.

“Saya apresiasi, setelah diakreditasi tahun lalu, alhamdulillah Perpustakaan SMA Santo Yosep Pangkalpinang ini memperoleh predikat B dari Perpustakaan Nasional. Oleh karena itu, mereka layak mengikuti lomba ini, dan mewakili Kota Pangkalpinang,” ujarnya.

Harapan Asyraf Perpustakaan SMA Santo Yosep semakin berprestasi. Sebab, tidak hanya itu, minat baca di SMA Yosep ini juga sangat baik.

“Setelah kita pantau juga kegiatan perpustakaan di SMA Yosep ini tidak hanya melibatkan para pelajar, tetapi juga alumni dan para pensiunan SMA Yosep untuk bisa membaca di perpustakaan SMA Yosep ini,” sebut Asyraf.

Semoga dari penilaian ini, Perpustakaan SMA Yosep mendapat nilai terbaik. Karena, dikatakan Asyraf, nanti yang menjadi juara pertama dalam lomba perpustakaan SMA/SMK sederajat tingkat Provinsi Babel ini, akan mewakili Babel dalam Lomba Perpustakaan SMA/SMK sederajat tingkat nasional tahun 2021.

Di tempat terpisah, Anggya Tim Penilai Lomba Perpustakaan SMA/SMK sederajat tingkat Provinsi Babel Tahun 2021 mengungkapkan, ada Sembilan komponen yang dinilai oleh tim dalam lomba kali ini.

Komponen-komponen tersebut adalah organisasi perpustakaan; gedung/ruang perpustakaan; perabot dan perlengkapan; anggaran perpustakaan; tenaga pengelola perpustakaan; koleksi,  pengolahan bahan pustaka dan promosi perpustakaan; layanan, kerjasa sama, promosi perpustakaan; dan komponen penguat.

“Untuk bisa mengikuti lomba ini harus memenuhi beberapa syarat, diantaranya surat rekomendasi capdin, nomor pokok perpustakaan, akreditasi B, belum pernah juara 1 tingkat provinsi dalam 3 tahun terakhir,” jelas Anggya.  

Sementara itu, Kepala Perpustakaan SMA Santo Yosep mengaku senang SMA Santo Yosep mendapatkan perhatian dari pemerintah provinsi dalam hal ini DKPUS Babel, terutama dimasukkan dalam penilaian perpustakaannya.

“Dari penilaian ini, kami dapat belajar banyak dari Tim Juri maupun assessor perpustakaan untuk melengkapi kekurangan-kekurangan perpustakaan kami. Semoga ke depan perpustakaan kami semakin lebih baik, maju lagi,” harap Friedelis.

Sumber: 
DKPUS Babel
Penulis: 
Ahmad
Fotografer: 
Ahmad
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
DKPUS