Primary tabs

Kepala DKPUS Babel Ajak Arsiparis Ubah Mindset “Tanpa Arsip tak Bisa Hidup”

DKPUSBABEL, PANGKALPINANG – Rakhmadi Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKPUS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mengajak arsiparis DKPUS Babel mulai sekarang untuk merubah mindset “tanpa arsip tak bisa hidup”.

Menurut Rakhmadi, saat ini pola pikir masyarakat bahwa arsip itu benda mati yang  tidak ada nilainya. Padahal arsip itu sangat penting.

“Ubah anggapan itu, karena keliru. Arsip itu adalah benda hidup yang menggerakkan perekonomian masyarakat. Bahkan gara-gara arsip hilang asset bisa melayang,” ujar Rakhmadi saat memberikan pengarahan dalam Rapat Evaluasi Kinerja Bidang Pengelolaan Arsip Daerah dan Bidang Penyelamatan Arsip Daerah, di Ruang Rapat Kantor DKPUS Babel, Kamis (7/10/2021) sore.

Untuk itu, kata dia, ke depan peranan arsiparis sangat penting. Sebab, arsiparis akan diatur tersendiri melalui Peraturan Pemerintah.

Ke depan, Rakhmadi menginginkan arsip Babel yang dikelola melalui DKPUS Babel harus transparan dan akuntabel.

Guna mendukung hal tersebut, maka diungkapkan Rakhmadi, harus dilakukan Pembaharuan dan Perubahan dari sumber daya manusia (pegawai) DKPUS salah satunya mindset.

Kepala DKPUS Babel Rakhmadi juga meminta kepada kedua bidang yang menangani kearsipan di DKPUS Babel bersama para arsiparis untuk membedah arsip-arsip yang belum ada di DKPUS, diantaranya perjalan Pemilukada Gubernur dan Wakil Guberbur di Babel.

Misalnya Pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur 2017-2022, berapa pasang calon yang ikut bertarung, partai politik apa saja yang mengusungnya, dan hal-hal lainnya. “Koordinasi ke KPU untuk arsipnya,” kata Rakhmadi.

Usai memberikan arahan, dalam kesempatan sama Kepala DKPUS meminta laporan kegiatan masing-masing arsiparis dan para Kabid maupun Kasi di bidang kearsipan itu.

Rapat evaluasi kinerja tersebut, turut dihadiri Kabid, para Kasi di bidang kearsipan,  dan arsiparis DKPUS Babel.

Sumber: 
DKPUS Babel
Penulis: 
Ahmad
Fotografer: 
Ahmad
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
DKPUS