Primary tabs

Kepala DKPUS Babel Serahkan Bibliografi dan Katalog Induk Daerah ke Perpus Beltim

DKPUSBABEL, MANGGAR – Usai bersilaturahmi ke Perpustakaan SMAN 1 Manggar, Kabupaten Belitung (Beltim), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Senin (11/10/2021), Kepala Dinas Kearsipan dan Kearsipan (DKPUS) Babel Rakhmadi Selasa (12/10/2021) melanjutkan kunjungan kerjanya ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Beltim.

Selain bersilaturahmi, kedatangan Kepala DKPUS Babel didampingi Pustakawan DKPUS Babel itu untuk menyerahkan secara langsung dua buah buku yaitu Bibliografi Induk Daerah dan Katalog Induk Daerah Provinsi Babel.

Kedatangan Kepala DKPUS Babel Rakhmadi disambut Kepala DPK Beltim Amirudin beserta jajarannya.

Dikatakannya tujuan dari buku tersebut, diantaranya Katalog Induk Daerah, untuk memberikan informasi tentang keberadaan koleksi bahan pustaka yang ada di perpustakaan, sehingga bahan pustaka tersebut mudah didapatkan.

Rakhmadi mengharapkan dengan adanya Katalog ini, terdatanya pola dan bentuk dari setiap dinas yang memperbaharui didalam literasinya.

Disamping itu, akan lebih memudahkan membaca dan mengambil kebijakan kedepannya, setelah mengetahui katalog-katalog dari setiap daerah yang menyesuaikan dengan kebijakan lokalnya, dan yang mendapatkan dukungan dari daerah itu sendiri.

“Selain itu, kita menyambungkan apa yang menjadi tugas kita di provinsi sebagai jembatan utama memfasilitasi literasi. Intinya kebijakan kita fokus pada pengembangan literasi,” ujarnya.

Ucapan terima disampaikan Kepala DPK Beltim Amirudin. Menurutnya, Bibiografi dan Katalog ini menjadi cerminan bahwa tingkat literasi seperti apa. Kemudian kalau ada kekurangan diupayakan untuk ditingkatkan.

Berkenaan dengan perpustakaan, dikatakan Amirudin, sudah banyak yang dilakukan DPK Beltim. “Dalam rangka mengembangkan minat baca, maka semua desa di Beltim kita upayakan sudah terbentuk Perpustakaan Desa, dan perpustakaan umum yang dikelola oleh masyarakat seperti rumah baca, pojok baca, warung kopi,” ungkap Amirudin.

DPK Beltim juga telah kerja sama dengan sejumlah masjid untuk pinjam pakai terhadap buku yang ada di perpustakaan. Sehingga bagaimana mendekatkan buku kepada masyarakat. Karena, kalau hanya mengharapkan masyarakat datang ke perpustakaan itu sulit.

Untuk mendekatkan buku yang tersedia di perpustakaan daerah dengan masyarakat, salah satunya adalah banyaknya MoU dengan pemberdayaan masyarakat.

“Semua kecamatan di Beltim kita upayakan juga terbentuknya pojok baca. Dengan kebijakan camat bagaimana nanti mereka mengembangkan perpustakaan yang ada di desa maupun di kecamatan masing-masing,” katanya.

Setiap ada fasilitas umum, lanjut Amirudin, diharapkan tersedia literasi sesuai kebutuhan masyarakat. Seperti masyarakat nelayan, di pelabuhan mereka butuh tentang kelautan, kebaharian. “Jadi, kita pahami sesuai dengan kebutuhan dan karakter masyarakat di lapangan,” tutupnya.

Setelah menyerahkan Bibliografi Induk Daerah dan Katalog Induk Daerah Provinsi Babel, Rakhmadi Kepala DKPUS Babel didampingi Amirudin Kepala DPK Beltim meninjau Perpustakaan DPK Beltim.

Sumber: 
DKPUS Babel
Penulis: 
Ahmad/Zulkifli
Fotografer: 
Zulkifli
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
DKPUS