Primary tabs

Kepala DKPUS Rakhmadi Buka Sosialisasi Pemusnahan Arsip Retensi Dibawah 10 Tahun

PANGKALPINANG – Kepala DKPUS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Rakhmadi membuka secara langsung Sosialisasi Pemusnahan Arsip di Lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Bidang Perlindungan dan Penyelamatan Arsip DKPUS Babel itu di Hotel Cordela, Pangkalpinang itu, diikuti 25 orang peserta terdiri dari Kasubbag TU, Arsiparis, Pengelola Arsip pada perangkat daerah Pemprov Babel.

Rakhmadi, Kepala DKPUS Babel dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu ikhtiar Pemprov Babel melalui DKPUS dalam rangka melakukan penyusutan Arsip, dan mengurangi jumlah arsip yang tidak memiliki nilai guna di lingkungan Pemprov Babel.

Kegiatan ini, dilaksanakan dengan mempedomani Perka ANRI No. 37 Tahun 2016 tentang Pedoman Penyusutan arsip, dikarenakan pemusnahan arsip merupakan bagian dari penyusutan arsip.

“Pemusnahan ini dapat dilakukan jika syarat-syaratnya terpenuhi, yaitu dilakukan terhadap arsip yang tidak memiliki nilai guna, telah habis retensinya, dan berketerangan dimusnahkan dalam jadwal retensi arsip, serta tidak berkaitan dengan proses penyelesaian suatu perkara,” jelas Rakhmadi.

Tujuan ditetapkannya perkara, ditambahkan Rakhmadi, tidak lain untuk memastikan agar arsip yang dimusnahkan tersebut adalah arsip yang dimusnahkan tersebut adalah arsip yang benar-benar tidak memiliki nilai lagi, sehingga tidak menyebabkan permasalahan di kemudian hari.

“Kegiatan ini menyasar perangkat daerah di lingkup Pemprov Babel dengan harapan dapat membuka wawasan perangkat daerah tentang urgensi melakukan pemusnahan arsip, terutama untuk arsip yang memiliki retensi di bawah 10 tahun,” ungkapnya.

Selanjutnya, kata Rakhmadi, finalisasinya dapat dilakukan melalui eksekusi pemusnahan arsip secara langsung di lingkup pencipta arsip setelah melalui prosedur yang benar.

“Semoga kegiatan ini dapat menginspirasi perangkat daerah lain untuk mengikuti jejak DKPUS dalam melakukan pemusnahan arsip,” harap Kepala DKPUS Babel.

Pembukaan sosialisasi pemusnahan arsip yang mengetengahkan tiga narasumber diantaranya Kepala DKPUS Babel Rakhmadi, Arsiparis Madya ANRI, Supriyono, dan Arsiparis Madya ANRI, Stella Sgrid Juliet itu dihadiri Kabid Perlindungan dan Penyelamatan Arsip DKPUS, Yanti Trisiana, dan peserta sosialisasi.

Sumber: 
DKPUS Babel
Penulis: 
Ahmad
Fotografer: 
Ahmad
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
DKPUS