Primary tabs

Kumpulkan KID, DKPUS Sambangi Perpustakaan Kota Hingga Unmuh

DKPUSBABEL, PANGKALPINANG – Dalam rangka mengumpulkan Katalog Induk Daerah (KID) tahun 2019 dan 2020, Tim Pustakawan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKPUS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Senin (5/4/2021), menyambangi Perpustakaan Kota Pangkalpinang, Perpustakan STIE hingga Perpustakaan Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Babel.

Lokasi tujuan awal Tim Pustakawan DKPUS Babel adalah Perpustakaan Kota Pangkalpinang, yang berada di seberang Kantor DKPUS Babel.

Di tempat itu, Tim Pustakawan DKPUS Babel diterima Mona Rekika Pustakawan Perpustakaan Kota Pangkalpinang. Dari Perpustakaan Kota, diberikan data pengadaan buku tahun 2019 sebanyak 5 judul buku, sedangkan tahun 2020 tidak ada pengadaan buku.

Tujuan kedua Tim Pustakawan DKPUS adalah Perpustakaan STIE Pertiba di Kecang Pedang, Pangkalpinang. Di tempat tersebut, Pustakawan DKPUS Babel disambut Sandi selaku Kepala Perpustakaan STIE Pertiba.

Oleh Kepala Perpustakaan STIE Pertiba, Tim DKPUS Babel diberikan data KID tahun 2019 dengan jumlah buku yang diadakan sebanyak 17 judul buku, sedangkan di tahun 2020 tidak ada pengadaan.

Kunjungan terakhir Tim Pustakawan DKPUS Babel adalah Perpustakaan Unmuh Babel yang berlokasi tak jauh dari Terminal Kampung Keramat, Pangkalpinang.

Di Perpustakaan Unmuh, Tim DKPUS diterima Gatot selaku Kepala Perpustakaan Unmuh. Untuk di Unmuh, pengadaan buku tahun 2019 dan 2020 sebanyak 185 judul buku.

“Kami menyadari betapa pentingnya menyatukan data katalog ini, ke Perpustakaan Provinsi, dan kami mendukung. Namun, memang pengadaan terbatas setiap tahunnya,” ungkap Gatot.

Dikesempatan terpisah, Kepala DKPUS Babel, Asyraf Suryadin mengatakan, catalog induk adalah kumpulan daftar koleksi buku dari beberapa perpustakaan yang bergabung untuk melakukan kerja sama dalam memberikan informasi baik itu perpustakaan umum, perpustakaan khusus dan Perguruan Tinggi.

“Data koleksi yang kami minta adalah terbitan dua tahun terakhir yakni 2019 dan 2020, sebanyak-banyaknya, namun yang sudah diolah,” kata Asyraf.

Disebutkan, tujuan Katalog Induk Daerah adalah memberikan informasi tentang keberadaan koleksi bahan pustaka yang ada di perpustakaan, sehingga bahan pustaka tersebut mudah didapatkan.

Sebagai sarana pelayanan silang layan dalam peminjaman bahan pustaka antar perpustakaan dan pemanfaatan informasi serta sumber daya bersama.

Ucapan terima kasih disampaikan Asyraf kepada perpustakaan yang dikunjungi, kaena telah menerima dan memberikan data sebagaimana yang diminta DKPUS Babel.

 

 

Sumber: 
DKPUS Babel
Penulis: 
Ahmad
Fotografer: 
Cahya Tri Wulan
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
DKPUS