Primary tabs

Kunjungi Beltim, Rakhmadi Berharap 2023 Perpus SMAN 1 Manggar Bisa Ikut Lomba

DKPUSBABEL, MANGGAR – Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKPUS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rakhmadi didampingi Pustakawan DKPUS Babel, mengunjungi Perpustakaan SMAN 1 Manggar, Kabupaten Belitung Timur (Beltim).

Kedatangan Kepala DKPUS Babel Senin (11/10/2021), disambut Kepala SMAN 1 Manggar Sabarudin beserta jajarannya.

Rakhmadi mengatakan, kunjungan ini selain untuk menyerahkan buku pedoman perpustakaan sekolah, juga untuk bersilaturahmi.

“Kami sudah melihat secara fisik SMAN 1 Manggar ini, untuk standar gedung perpustakaannya memang belum terpenuhi. Mudah-mudahan pada tahun 2023 mendatang Perpustakaan SMAN 1 Manggar ini, bisa ikut dalam lomba perpustakaan sekolah tingkat SLTA,” harap Rakhmadi, usai meninjau Perpus SMAN 1 Manggar.

Dijelaskannya, untuk bisa ikut lomba, memang harus terpenuhi dulu secara kualifikasi. “Suatu saat saya berharap untuk seleksi kualifikasi, penilaian akreditasinya. Saat ini masih B, dan kami DKPUS Provinsi akan berikan support dan rekomendasi setelah kita menilai kondisi SMAN 1 Manggar ini,” ungkapnya.

Untuk itu, kata Rakhmadi, panduan-panduan yang telah diberikan harus segera dievaluasi. “Sehingga ketika kami kembali lagi ke sini, adanya perubahan. Dengan begitu pada tahun 2023 mudah-mudahan mereka bisa ikut lomba perpustakaan,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Manggar Sabarudin menyatakan, pihaknya akan mempelajari panduan yang diberikan oleh DKPUS Babel, apa-apa yang kurang akan dilengkapi.

“Yang jelas tiap tahun kami memproduksi karya literasi. Hingga saat ini sudah ada 18 judul buku yang telah kami hasilkan,  dan sudah kami serahkan ke Perpustakan Provinsi Kamis lalu,” sebut dia.

Guna memajukan perpustakaan di SMAN 1 Manggar, diungkapkan Sabarudin, pihaknya akan membuat gazebo untuk orang membaca, kemudian ada café literasi, selter literasi, podcast dengan media sosial untuk mendukung literasi.

“Ke depan kami juga akan menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, misalnya dengan Dinas Pemuda dan Olahraga, Ibu-ibu Dharma Wanita, Ibu-ibu PKK, alumni SMAN 1 Manggar salah satunya dalam bentuk sumbangan buku,” tuturnya.

Sabarudin juga menyebutkan satu pesan Kepala DKPUS Babel. “Satu hal yang saya ingat dari pesan Kepala DKPUS Babel, bahwa literasi itu bukan hanya mencerdaskan, tapi juga aspek menyejahterakan. Nah, bagian menyejahterakan inilah dalam bentuk partnership atau program kemitraan dengan berbagai pihak, seperti dengan UMKM akan kami lakukan,” ujarnya.

Terakhir Ia mengucapkan terima kasih atas kunjungan Kepala DKPUS Babel ke SMAN 1 Manggar. “Kami juga tak henti-hentinya minta pembinaan, masukan dan bimbingan dari DKPUS Babel,” tutupnya.

Sumber: 
DKPUS Babel
Penulis: 
Ahmad/Zulkifli
Fotografer: 
Zulkifli
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
DKPUS