Primary tabs

Kunjungi DKPUS Babel, DPRD Babar Ingin Dapatkan Tip and Trick

DKPUSBABEL, PANGKALPINANG – Sejumlah Anggota Dewan yang duduk di Komisi 1 DPRD Kabupaten Bangka Barat (Babar) mengunjungi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKPUS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Kunjungan wakil rakyat Babar Selasa (18/5/2021) tersebut, dalam rangka ingin belajar mengenai kearsipan dan perpustakaan sehubungan dengan adanya perpustakaan baru di Kabupaten Bangka Barat.

“Tujuan kami bersilahturahmi sekaligus ingin mendapatkan tip dan trick atau gambaran mengenai bidang kearsipan dan perpustakaan yang dapat diterapkan bagi perpustakaan baru di Bangka Barat. Apalagi bidang perpustakaan memang masuk ke ranah Komisi 1 saat ini,” ungkap Wakil Ketua Komisi 1 DPRD Bangka Barat, Apandi saat diterima Kepala DKPUS Babel, Asyraf Suryadin.

Bangka Barat, lanjut dia, sudah mempunyai gedung perpustakaan baru. “Tetapi bukan hanya tentang gedungnya saja yang baru, melainkan kami ingin belajar bagaimana agar orang-orang menjadi tertarik dan mau membaca buku di perpustakaan, apalagi di era digital seperti sekarang,” kata Apandi.

Terlebih sekarang, lebih banyak orang sudah memiliki telepon genggam, sehingga tidak tertarik lagi untuk membaca buku.

Tak sekadar itu, kata Apandi, pihaknya berkunjung ke DKPUS Babar juga karena ingin memperat hubungan antara Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Provinsi agar hubungan koordinasi tetap terjaga.

Sementara itu, sebelum memaparkan tentang Kearsipan dan Perpustakaan lebih luas, Kepala DKPUS Babel Asyraf Suryadin sekilas menceritakan keberhasilan Perpustakaan Desa Air Belo Bangka Barat yang masuk 5 besar tingkat nasional untuk Lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan Terbaik tahun 2020 kemarin.

Kepada para anggota dewan tersebut, Asyraf menjelaskan tentang kegiatan-kegiatan yang ada di DKPUS seperti pengadaan Mobil Pusling dan sosialisasi Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial ke daerah-daerah.

Disamping itu, Asyraf juga meminta dukungan DPRD Bangka Barat untuk menambah jumlah personel Arsiparis dan Pustakawan di Kabupaten Bangka Barat yang masih sangat sedikit, mengingat di Kabupaten Bangka Barat memiliki banyak peninggalan bersejarah yang tentu saja membutuhkan lebih banyak tenaga Arsiparis dan Pustakawan.

Usai pertemuan, Kadis DKPUS Babel Asyraf Suryadin didampingi Sekdis DKPUS Babel Agus Affandi mengajak rombongan Anggota DPRD Babar meninjau Ruang Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Babel.

Sebelum meninggalkan DKPUS Babel, Komisi I DPRD Bangka Barat didampingi Pejabat Administrator, Pustakawan dan Arsiparis Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bangka Barat, menerima oleh-oleh berupa dua buah Buku Sejarah Bangka Belitung Menjadi Provinsi yang diserahkan langsung oleh Kadis DKPUS Babel Asyraf Suryadin.

Sumber: 
DKPUS Babel
Penulis: 
Aliyah
Fotografer: 
Aliyah
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
DKPUS