Primary tabs

Kunjungi DKPUS Babel, Perpusdes Rambat Siap Ukir Prestasi Seperti Air Belo

DKPUSBABEL, PANGKALPINANG – Sekretaris Desa (Sekdes) Rambat, Kecamatan Simpang Teritip, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dewati, didampingi Pengelola Perpustakaan Desa (Perpusdes) Rambat, Pustakawan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Bangka Barat, Karlena Yulia, mengunjungi Dinas Kearsipan (DKPUS) Babel.

Silaturahmi Sekdes Rambat beserta rombongan Jumat (30/4/2021) siang itu, disambut Kepala DKPUS Babel, Asyraf Suryadin di ruang kerjanya.

Dewati mengatakan, kedatangan mereka ke DKPUS Babel dalam rangka bersilaturahmi sekaligus koordinasi terkait Lomba Perpusdes Tingkat Provinsi Tahun 2021, dengan DKPUS Babel, yang juga diikuti Perpusdes Taman Bacaan Masyarakat Rambat (TABAMAR).

“Perpusdes TABAMAR yang telah ditetapkan dan ditunjuk oleh DPK Bangka Barat menjadi delegasi dalam Lomba Perpusdes Tingkat Provinsi Tahun 2021, siap mengukir prestasi seperti yang pernah dilakukan oleh Perpusdes ARSITA Air Belo, Kecamatan Mentok, Bangka Barat Tahun 2020,” kata Sekdes Rambat Dewati.

Saat ini, Perpusdes yang dibackup penuh Pemerintah Desa setempat, menurut Dewati, telah melakukan berbagai persiapan dalam rangka mengikuti Lomba Perpusdes Tingkat Provinsi 2021 ini.

Persiapan-persiapan itu, sebut dia, seperti terus melakukan penataan buku-buku, adanya sejumlah inovasi. Secara keseluruhan total persiapan lebih kurang 80 persen.

“Kami berharap, dengan ikut lomba ini, bisa meningkatkan pelayanan Perpustakaan Desa kepada masyarakat. Kami berharap dalam Lomba ini bisa juara dan mewakili Babel ke kancah nasional,” harapnya.

Karlena Yulia, Pustakawan DPK Bangka Barat dikempatan sama mengatakan, DPK mendukung penuh Perpusdes TABAMAR untuk ikut Lomba Perpusdes Tingkat Provinsi tahun 2021 ini.

“Kami telah melakukan pendampingan terhadap Perpusdes TABAMAR ini, diantaranya melakukan pembenahan administrasi, kegiatan-kegiatan Perpusdes dan lainnya. Harapan kami Perpusdes TABAMAR mampu mengukir prestasi seperti yang dilakukan Perpusdes ARSITA Air Belo tahun 2020 hingga menembus 5 besar tingkat nasional,” ucapnya.

Sementara itu, Asyraf Suryadin Kepala DKPUS Babel berharap Perpusdes Rambat tidak hanya sekadar ikut lomba, tetapi juga ada dampaknya. Dengan keikutsertaan mereka dalam lomba ini bisa berdampak kepada tingkat literasi khususnya di Desa Rambat.

“Kita juga berharap tidak hanya sekadar lomba, tetapi ke depan tingkat literasi mungkin selama ini sudah baik, akan lebih baik lagi. Karena dari beberapa informasi yang disampaikan kepada kita dalam pertemuan tadi, mereka memiliki hal-hal unik di Perdes Rambat itu,” ungkap Asyraf.

Hal unik itu, disebutkan Asyraf misalnya ada pojok baca literasi, perpustakaan keliling menggunakan sepeda. Ini menurut Asyraf suatu hal yang menarik.

“Penilaian final Lomba Perpustakaan Desa ini, akan dilakukan akhir bulan Mei 2021 sampai Juni 2021,” terang Asyraf.

Tak lupa Asyraf menyampaikan terima kasih kepada Perpudes Rambat bersama Pustakawan DPK Bangka Barat yang telah bersilaturahmi ke DKPUS Babel.

Sumber: 
DKPUS Babel
Penulis: 
Ahmad
Fotografer: 
Ahmad
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
DKPUS