Primary tabs

Kunjungi DKPUS Babel, Tim Monitoring ANRI Kenalkan Aplikasi SRIKANDI

DKPUSBABEL, PANGKALPINANG - Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan melalui Tim Monitoring Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melakukan program kerjanya yaitu monitoring hasil implementasi e-Arsip Terintegrasi ke beberapa daerah.

Hal itu dilakukan sesuai dengan Peraturan Presiden nomor 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan berbasis SPBE dan Keputusan Menteri PAN RB Nomor 679 Tahun 2020 tentang Aplikasi Umum Bidang Kearsipan Dinamis.

Salah satu daerah sasarannya adalah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). Di Babel Tim Monitoring tersebut berlangsung selama 2 hari terhitung 29 - 30 April 2021.

"Tugas kami berkunjung ke sini untuk memonitor sejauh mana kesiapan pemerintah daerah dalam hal ini Provinsi Babel dalam implementasi e-Arsip Terintegrasi," ungkap Koordinator Kelompok Substansi Kearsipan Daerah IIB ANRI, Rudi Andi Syahputra, di Kantor DKPUS Babel, Kamis (29/4/2021).

Rudi juga memperkenalkan Aplikasi SRIKANDI kepada DKPUS Babel. Menurutnya, saat ini ANRI bekerja sama dengan Kemenkominfo dan BSSN mengembangkan aplikasi  SRIKANDI.

Dengan aplikasi yang lebih canggih dan modern ini diharapkan sistem penerapan pemerintahan berbasis elektronik dapat terealisasi.

Rudi juga menjelaskan tentang cara beserta tahapan-tahapan SRIKANDI tersebut untuk kedepannya.

Tim Monitor ANRI menyempatkan sharing dengan para arsiparis DKPUS  tentang kearsipan yang baik dan benar, dan meninjau ruang arsip atau Depo Arsip yang ada di DKPUS Babel.

Menutup kunjungannya, Tim ANRI menerima oleh-oleh berupa buku ‘Sejarah Bangka Belitung Menjadi Provinsi’ hasil karya cetak Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Babel, dan diserahkan langsung oleh Kepala DKPUS Babel.

Sumber: 
DKPUS Babel
Penulis: 
Aliyah
Fotografer: 
Aliyah
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
DKPUS