Primary tabs

Lomba Perpustakaan jadi Penyemangat SMAN 1 Puding Tingkatkan Minat Baca

DKPUSBABEL, PUDING – Kepala SMAN 1 Puding, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Ali Akbar mengatakan, Lomba Perpustakaan SMA/SMK Sederajat Tingkat Provinsi Babel menjadi salah satu penyemangat untuk menumbuhkan minat baca dalam kegiatan literasi.

Karena literasi bukan hanya sekadar membaca saja, tetapi tindakan ke depan untuk mampu mengimplementasikan dalam kehidupan.

Hal itu diungkapkan Ali Akbar saat Tim Juri Lomba Perpustakaan SMA/SMK sederajat tingkat Provinsi Babel Tahun 2021 mengunjungi Perpustakaan “Pahlawan Empat” SMAN 1 Puding, Jumat  (30/4/2021) dalam rangka penilaian lomba.

Menurutnya, di tengah maraknya penggunaan gadget dan masa pandemic, menjadi hambatan yang cukup berat untuk menumbuhkan minat baca para siswa di SMA Negeri 1 Puding.

"Salah satu cara kami untuk menumbuhkan gemar membaca bagi siswa di tengah situasi Covid-19 ini, salah satunya juga memberikan berbagai layanan digital," ujar Ali Akbar.

Berbagai upaya dilakukan untuk membuat ruangan yang tadinya hanya berupa gudang menyimpan buku hingga akhirnya bermetamorfosis menjadi suatu layanan perpustakaan.

Tak hanya itu, salah satu inovasi yang baru-baru ini dilakukan SMAN 1 Puding adalah "Podcast" untuk lingkungan sekolah itu sendiri.

Berkenaan dengan Lomba ini, lanjut dia, Perpustakaan "Pahlawan Empat" berhak ikuti mewakili Kabupaten Bangka karena telah terakreditasi B, yang merupakan salah satu syarat minimal dari Perpusnas RI, disamping rekomendasi dari Cabdin terkait.

Untuk mengikuti lomba ini, kata Kepala SMA 1 Puding, pihaknya sebaik mungkin telah mempersiapkan Perpustakaan “Pahlawan Empat” untuk bisa menang di tingkat provinsi dan bisa maju di tingkat nasional.

Sementara itu, Uliarta Simanjuntan Tim Juri Lomba Perpustakaan SMA/SMK sederajat tingkat Provinsi Babel Tahun 2021 mengatakan, penilaian terhadap Perpustakaan “Pahlawan Empat” SMAN 1 Puding, sama seperti SMA/SMK lainnya.

Disebutkan dia, ada 9 aspek yang dinilai, seperti organisasi/kelembagaan, gedung/ruang perpustakaan, perabotan/perlengkapan, anggaran perpustakaan, aspek tenaga pengelola perpustakaan, koleksi perpustakaan, layanan dan kerja sama, program dan kegiatan serta aspek penguat.

Tim Juri juga mengecek langsung kebenaran data atau dokumen yang disampaikan ke Tim Juri.

Sumber: 
DKPUS Babel
Penulis: 
Aliyah
Fotografer: 
Aliyah
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
DKPUS