Primary tabs

Magang Selesai, DKPUS Kembalikan Pengelola Perpustakaan SMKN 1 Pangkalpinang

DKPUSBABEL, PANGKALPINANG – Setelah selesai menjalani magang selama satu minggu, akhirnya Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (DKPUS Babel) resmi mengembalikan Kepala bersama Pengelola Perpustakaan SMKN 1 Pangkalpinang ke SMKN 1 Pangkalpinang.

Pengembalian itu, simbolis dilakukan oleh Sekretaris DKPUS Babel, Agus Affandi, mewakili Kepala DKPUS  Babel, Asyraf Suryadin, di ruang kerjanya, Senin (29/3/2021) siang.

Kepada Pengelola Perpustakaan SMKN 1 Pangkalpinang Sekdis DKPUS Babel berpesan agar apa yang telah dipelajari di DKPUS Babel selama seminggu tidak terputus sampai disini.

“Kalau ada hal-hal yang ingin di diskusikan, silakan datang ke DKPUS Babel, karena DKPUS Babel selalu terbuka. Atau kalau memang membutuhkan bantuan Pustakawan kami yang datang ke SMKN 1, silakan sampaikan permohonan,” kata Agus.

Anggya Dwie Permatasari, Pustakawan DKPUS Babel menyebutkan, selama magang, Pengelola Perpustakaan SMKN1 Pangkalpinang mempelajari tata cara dan teknis pengolahan buku dari 0, mulai dari awal datangnya buku, pengecapan, penginputan ke buku induk, dan pemberian nomor induk atau nomor inventaris, nomor klasifikasi, pengkatalogan, format label buku serta katalog buku.

“Hari berikutnya, Pengelola Perpustakaan SMKN1 Pangkalpinang ini, mencoba mempraktekkan apa yang telah didapatkan dari Pustakawan Pendamping, dengan membawa buku yang belum diolah sama sekali, kemudian dia mencoba mengelola bukunya dengan mengikuti petunjuk yang sudah diberi oleh Pustakawan Pendamping,” jelas Anggya.

Pada hari selanjutnya, ditambahkan Anggya, Pengelola Perpustakaan SMKN1 belajar menginstal aplikasi inlis, dan belajar mengaplikasikannya,” ujarnya.

Erma Susanti Kepala Perpustakaan SMKN 1 Pangkalpinang menyampaikan terima kasih kepada Tim DKPUS Babel, karena selama magang di DKPUS Babel, pihaknya sangat terbantu. “Memang tim teknis mengajarkan kami secara detil, sehingga kami paham apa yang ingin kami pelajari,” ungkap.

Intinya, ditegaskan Erma, Tim Teknis DKPUS Babel sangat terbuka, sehingga kalau ada permasalahan mereka siap kapan pun membantu.

Sumber: 
DKPUS Babel
Penulis: 
Ahmad
Fotografer: 
Uli
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
DKPUS