Primary tabs

PELAKSANAAN LOMBA MENULIS PUISI UNTUK ANAK SD/MI TINGKAT PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG TAHUN 2019

Dalam rangka meningkatkan bakat menulis dan mengembangkan minat baca anak SD/MI di lingkungan Provinsi kepulauan Bangka Belitung, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyelenggarakan Kegiatan “Lomba Menulis Puisi Tahun Untuk Anak SD/MI Tahun 2019”, hari Selasa Tanggal 22 Oktober 2019 bertempat di SUN Hotel Kota Pangkalpinang. Kegiatan ini dikuti oleh 50 orang peserta dari SD di Kab/Kota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Banyaknya anak-anak terutama anak SD/MI memiliki bakat menulis, namun tidak terekspos keluar. Hal ini dikarenakan tidak adanya wadah atau tempat untuk menuangkan ide-ide segar dan kreatif hasil buah pemikiran mereka. Selain sebagai pusat sumber informasi, keberadaan perpustakaan sangat penting yakni sebagai wadah kreatif masyarakat dalam usaha mengembangkan potensi diri terutama bagi anak-anak sekolah.

Dengan diadakannya Kegiatan Lomba Menulis Puisi untuk Anak SD/MI oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dapat menjadikan Anak SD/MI mengenali, mengasah dan menumbuhkembangkan bakat terpendam yang ada dalam diri mereka sehingga dapat menjadi giat menulis dan dapat meningkatkan minat baca anak sejak usia dini. Acara dibuka dan ditutup oleh Kepala Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Tim  Penilai melakukan penilaian sebanyak 49 Peserta dari 50 Peserta yang mendaftar, 1  orang peserta dianggap gugur karena tidak hadir pada saat Lomba Menulis Puisi. Penilaian yang dilakukan dengan berdasarakan aspek/unsur penilaian meliputi Kesesuaian dengan Tema/Isi, Penggunaan Diksi dan Gaya Bahasa, Isi/Makna, Penyajian dan Kreativitas. Tim penilai menetapkan 5 peserta yang menjadi juara :

NO.

NAMA

ASAL SEKOLAH

JUDUL PUISI

NILAI

PERINGKAT

1

M. Abyaz Faizzia

 

SDN 3

Pangkalpinang

 

 

Rumah Ilmu

 

270

JUARA I

2

Heldandi Ramadhan

 

SDN 10 Pangkalpinang

 

Bahasa Indonesia Bahasa Anak Bangsa

 

257

JUARA II

3

Khansa Nayla

 

SDIT Al-Bina Pangkalpinang

 

Cita-cita Penerus Bangsa

 

253

JUARA III

4

Aisyah Haniyah Wibisono

 

SDN 6 Pangkalpinang

 

Pahlawan Indonesia

 

235

 

HARAPAN I

 

5

Atiiqah Naila Putri

 

SDN 1 Sungailiat Kab.Bangka

 

Ku Baca dan Ku Baca

 

234

 

HARAPAN II

 

 

Seluruh peserta Lomba akan mendapat piagam penghargaan dan khusus untuk para pemenang Juara I,II,III, Harapan I dan II diberikan uang tunai dan Tropi.

Sumber: 
Pustakawan DKPUS Provinsi Bangka Belitung
Penulis: 
Anggya Dwie Permatasari
Fotografer: 
Bagus Prambudi
Editor: 
Admin
Bidang Informasi: 
DKPUS