Primary tabs

PELAKSANAAN PELAYANAN PERPUSTAKAAN KELILING DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN PROVINSI KEP. BANGKA BELITUNG BULAN SEPTEMBER TAHUN 2018

Pelayanan perpustakan keliling Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kembali beroperasi pada bulan September. Diketahui bahwa pelayanan sempat istirahat sejenak bulan Agustus dikarenakan  kesibukan kedinasan baik internal maupun eksternal.  Layanan perpustakaan keliling merupakan layanan rutin yang mana dimaksudkan untuk mengatasi kesenjangan informasi masyarakat daerah yang sulit menjangkau perpustakaan. Melalui perpustakaan keliling, pemerintah daerah berusaha memberikan layanan informasi kepada masyarakat secara proaktif guna mencapai salah satu misi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan yaitu membina dan mengembangkan budaya baca.

Sasaran yang dituju dalam layanan perpustakaan keliling provinsi kep. Bangka Belitung adalah SD/MI, SMP/MTS, SMA/SMK/MA negeri maupun swasta dan perpustakaan desa. Untuk Kabupaten yang dijangkau mencakup Kabupaten Bangka, Bangka Tengah, Bangka Barat dan Bangka Selatan.

Berikut adalah daftar kegiatan pelayanan perpustakaan keliling yang telah dilaksanakan perpustakaan provinsi pada bulan September tahun 2018:

NO

TUJUAN

HARI,

TANGGAL

JUMLAH PENGUNJUNG

PETUGAS

1

SMPN1 Kelapa Kab. Bangka Barat

Selasa, 18 September 2018

187

Ema Riskika dan Riri Budiarti

2

SMAN 1 Simpang Rimba  Kab. Bangka Selatan

Rabu, 19 September 2018

102

Anggya Dwie Permatasari dan Donta Gustina

3

SMA Setia Budi Kab. Bangka

Kamis, 20 September 2018

170

Fatmawati dan Arieyadi

4

SMPN 2 Simpang Katis Kab. Bangka Tengah

Selasa, 25 September 2018

145

Yulidar dan Agi Destari

5

SMKN 1 Air Gegas Kab. Bangka Selatan

Rabu, 26 September 2018

128

Cahya Tri Wulan dan Bagus Prambudi

6

SMKN 1 Mendo Barat Kab. Bangka

Kamis, 27 September 2018

110

Nurul Saparita dan Reny Angreini

Pada bulan September tahun 2018 tujuan utama pelayanan adalah SMA dan SMP sederajat. Selama bulan September perpustakaan keliling provinsi kepulauan Bangka Belitung berhasil melaksanakan pelayanan sebanyak 6 (enam) kali. Merupakan jumlah yang masih minim dan pasti belum maksimal. Namun jumlah pengunjung perpustakaan keliling selama bulan September terhitung cukup baik dengan perbandingan 6 (enam) kali keberangkatan yaitu 842 siswa, jumlah ini diharap dapat terus meningkat nantinya.

Melalui kegiatan pelayanan perpustakaan keliling ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam memperoleh informasi, adanya pemeratakan layanan informasi dan bacaan kepada masyarakat sampai daerah terpencil, dan membangun kerjasama antar lembaga masyarakat sosial, pendidikan, dan pemerintah daerah dalam meningkatkan kemampuan intelektual dan kultural masyarakat.

Sumber: 
DKPUS Provinsi Kep. Bangka Belitung
Penulis: 
Cahya Tri Wulan
Fotografer: 
Tim Perpustakaan Keliling
Editor: 
Runi Alcitra Amalia
Bidang Informasi: 
DKPUS