Primary tabs

Perhatian! Penilaian Lomba Perpustakaan Umum Terbaik Tingkat Provinsi Dimulai 24 Mei

DKPUSBABEL, PANGKALPINANG – Perhatian bagi Perpustakaan Umum (Desa/Kelurahan) yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), dan telah mengirimkan berkas sebagai peserta Lomba Perpustakaan Umum Terbaik Tingkat Provinsi Babel Tahun 2021, agar mempersiapkan perpustakaannya sebagaimana data yang telah disampaikan kepada Panitia Lomba.

Pasalnya, penilaian Lomba oleh Dewan Juri Lomba Tingkat Provinsi Babel akan dimulai pada tanggal 24 Mei hingga 4 Juni 2021 mendatang.

“Dewan Juri mulai 24 Mei 2021 akan melakukan visitasi atau kunjungan langsung ke Perpustakaan-perpustakaan yang menjadi peserta Lomba, untuk mengecek langsung apakah data rillnya sesuai dengan berkas yang telah dikirimkan dan dipersyaratkan oleh Panitia Lomba,” kata Ketua Panitia Pelaksana Lomba Perpustakaan Umum Terbaik Tingkat Provinsi Babel Tahun 2021, Zulkifli, Selasa (18/5/2021).

Zulkifli menyebutkan, untuk Lomba Perpustakaan Umum Terbaik Tingkat Provinsi Babel Tahun 2021 ini, diikuti enam kabupaten dan satu kota. Sedangkan Bangka Selatan tidak mengirimkan utusannya.

Peserta Lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan Terbaik Tahun 2021 itu, antara lain Perpustakaan Desa Rambat, Bangka Barat; Perpustakaan Desa Kimak Bangka; Perpustakaan Desa Perlang Bangka Tengah, Perpustakaan Desa Cendil Belitung Timur; Perpustakaan Desa Sungai Samak Belitung; dan Perpustakaan Kelurahan Bukit Merapin Pangkalpinang.    

Lebih lanjut Zulkifli mengatakan, syarat untuk bisa menjadi peserta Lomba Perpustakaan Umum Desa/Kelurahan Terbaik Tingkat Provinsi Tahun 2021, diantaranya: Pertama, minimal telah berlangsung dan berfungsi melayani masyarakat pemustaka selama 3 tahun berturut-turut.

Kedua, memiliki konsep pengembangan perpustakaan berkelanjutan ke depan. Ketiga, memiliki misi dan strategi pengembangan perpustakaan yang jelas dan rasional. Keempat, menempati dan beroperasi dalam gedung atau ruang perpustakaan tersendiri.

Kelima, belum pernah menjadi juara pertama Lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan tingkat Kabupaten/Kota tiga tahun terakhir. Keenam, memenuhi persyaratan dan semua kriteria yang tercantum dalam instrument penilaian. Ketujuh, memiliki tenaga tetap pengelola perpustakaan minimal 1 orang yang memiliki masa kerja 2 tahun.

Syarat kedelapan,  menunjukkan aspek unggulan kegiatan perpustakaan yang patut diteladani. Kesembilan, memiliki sumber tetap pendanaan untuk pelaksanaan penyelenggaraan dan pengembangan Perpustakaan Desa/Kelurahan.

Bagi Juara I hingga III, dikatakan Zulkifli, akan diberikan uang pembinaan, sertifikat dan tropi. “Khusus juara I, akan mewakili Babel ke Lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2021,” ungkap Zulkifli.

Oleh karena itu, Zulkifli mengimbau pimpinan daerah Kabupaten/Kota agar proaktif memberikan dukungan  terhadap keberadaan dan kemajuan Perpustakaan Desa/Kelurahan masing-masing, salah satunya dukungan anggaran dan pembinaan.  

 

Sumber: 
DKPUS Babel
Penulis: 
Ahmad
Fotografer: 
Ahmad
Editor: 
DKPUS Babel
Bidang Informasi: 
DKPUS