Primary tabs

Perlihatkan Produk Kreativitas Perpusdes, Paryanta: DPK Rutin Datangkan Pembicara

DKPUSBABEL, BELITUNG – Kunjungan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKPUS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) ke Perpustakaan Desa (Perpusdes) Sungai Samak, Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung, Kamis (27/5/2021), disuguhi aneka produk cinderamata.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Belitung, Paryanta yang memperihatkan langsung hasil kreativitas masyarakat binaan dari Perpusdes Sungai Samak kepada Kepala DKPUS dalam rangka penilaian Lomba Perpustakaan Umum (Desa/Kelurahan) Terbaik Tingkat Provinsi Tahun 2021 di Perpusdes Sungai Samak mengatakan pihaknya rutin mendatangkan pembicara.

“DPK Belitung memang ada anggaran untuk pembinaan Perpusdes yang ada di Belitung, termasuk Perpusdes Sungai Samak ini. Jadi, kami rutin datangkan narasumber (pembicara) ke Perpusdes,” ujar Paryanta.

Pembinaan ini, dikatakan Paryanta memang difokuskan ke pengembangan Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial.

“Program ini memang kita kuatkan. Makanya tiap tahun kita adakan pelatihan-pelatihan dalam rangka pengembangan program ini. Narasumbernya yang didatangkan sesuai kebutuhan desa itu. Misalnya ada pengembangan keterampilan anyaman, maka kita datangkan narasumber yang berkaitan dengan keterampilan itu. Dan hasil dari keterampilan itu bisa menjadi souvenir. Nanti kerja sama dengan Dinas UMKM, Dinas Pariwisata,” jelas Kepala DPK Belitung.

Terpisah, Asyraf Suryadin selaku Kepala DKPUS Babel mengapresiasi apa yang telah dilakukan DPK Belitung.

Ia berharap program perpustakaan  berbasis inklusi social ini agar terus dikembangkan dengan inovasi-inovasi lainnya, sehingga keberadaan Perpusdes diharapkan turut mampu menyejahterakan masyarakat setempat.

Produk-produk transformasi berbasis inklusi social hasil binaan Perpusdes Sungai Samak tersebut, diantaranya keripik kulit ikan, ekor kuning, Dodol Menggele (ubi singkong), dan masih banyak yang lainnya. 

 

Sumber: 
DKPUS Babel
Penulis: 
Ahmad
Fotografer: 
Wiwit
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
DKPUS