Primary tabs

Pj Gubernur Resmi Letakkan Batu Pertama Pembangunan Gedung Perpusprov Babel

PANGKALPINANG  - Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Ridwan Djamalludin resmi meletakkan batu pertama pembangunan Gedung Fasilitas Layanan Perpustakaan Provinsi (Perpusprov) Babel.

Peletakan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan Gedung Fasilitas Layanan Perpusprov Babel pada Senin (25/7/2022) oleh Pj Gubernur di Komplek Perkantoran Terpadu Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel tersebut, didampingi Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKPUS) Babel Rakhmadi, Bunda Literasi Babel Sri Rahayu Mulya Naziarto, unsur Forkopimda Babel.

Disamping itu, turut hadir para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemprov Babel, Pejabat Administrator, Fungsional, Pegawai DKPUS Babel, dan unsur terkait lainnya.  

Pj Gubernur dalam sambutannya mengatakan, perpustakaan merupakan jembatan ilmu pengetahuan, kontribusi bagi terbukanya akses informasi, serta menyediakan data yang akurat bagi proses pengambilan sumber-sumber referensi bagi pengembangan ilmu pengetahuan.

Perpustakaan juga mendukung upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui program nasional yaitu Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi  Sosial. “Perpustakaan menjadi tempat berlatih keterampilan dalam menumbuhkan kecapakan kerja, agar bisa memenuhi kebutuhan terhadap pengetahuan ataupun kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Perpustakaan bisa digunakan sebagai tempat kelas pembelajaran bagi semua lapisan masyarakat, sehingga mengembangkan keterampilan berbasis potensi lokal, agar masyarakat mampu memenuhi ekonomi keluarganya.

Mengingat pentingnya peran dan kontribusi perpustakaan dalam membangun masyarakat yang berpengetahuan, maka keberadaan perpustakaan perlu diperhatikan dan diberdayakan.

Oleh karena itu, adanya pembangunan Gedung Fasilitas Layanan Perpusprov yang dilaksanakan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat dan Pemprov Babel, terutama dalam rangka meningkatkan indeks literasi budaya baca, dengan melengkapi fasilitas pembangunan sesuai dengan standar nasional perpustakaan.

“Besar harapan kita semua, mudah-mudahan pembangunan fasilitas gedung layanan perpustakaan provinsi ini, bisa berjalan dengan baik dan lancar, didukung oleh semua pihak agar kebermanfaatannya bisa dirasakan masyarakat Babel,” harap Pj Gubernur Ridwan Djamalludin.

Terima kasih disampaikan Pj Gubernur Ridwan kepada Perpustakaan Nasional yang terus berupaya dalam mengembangkan pelayanan perpustakaan di daerah.

Mewujudkan Layanan Literasi Masyarakat

Dikesempatan sama, Kepala DKPUS Babel Rakhmadi mengatakan, perlu upaya dan strategi dari pemerintah untuk meningkatkan literasi masyarakat.

Perpusprov sebagai perpustakaan pembina di daerah, diharapkan memiliki fasilitas yang memberikan layanan prima kepada pemustaka (pengunjung). Lebih tepatnya menjadi perpustakaan yang idela bagi masyarakat, yaitu perpustakaan yang mampu memberdayakan masyarakat, perpustakaan yang menjadi candra kawah dimuka bagi masyarakat untuk melakukan aktivitas, dengan membaca, belajar, mengolah seni budaya dan lainnya.

Selain itu, perpustakaan juga diharapkan mampu melakukan pendekatan kepada masyarakat untuk melakukan potensi membaca yang ada di masyarakat. Pendekatan ini disesuaikan dengan hobi, kesenangan, dan kebiasaan yang ada di masyarakat.

Rakhmadi menyebutkan, tujuan dari fasilitas gedung ini untuk mewujudkan layanan literasi masyarakat, terwujudnya budaya gemar membaca masyarakat di Provinsi Babel dalam rangka menyejahterakan dan mencerdaskan kehidupan masyarakat.

“Anggaran gedung ini kita peroleh dari DAK Perpusnas Tahun 2022 sebesar Rp14.611.783, didampingi anggaran APBD Provinsi Babel sebagai dana pendamping senilai Rp1.500.000.000.   Untuk selanjutnya, pembangunan gedung ini kita didampingi Tim Pengaman Pembangunan Strategis Kejati Babel,” ungkap Rakhmadi.

Ketika gedung ini nanti berdiri, Kepala DKPUS Babel Rakhmadi mengungkapkan lebih lanjut, kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan dalam mencerdaskan dan menyejahterakan masyarakat, akan ada even-even literasi setiap bulan minimal satu kali.

Perpusprov Babel akan melibatkan wadah pembelajaran bagi siswa TK hingga SMA/SMK. Ada juga pengembangan dan penelitian bagi mahasiswa dan Perguruan Tinggi.

Berikutnya, sambung Rakhmadi, pengembangan minat masyarakat dalam mengolah seni budaya dan keterampilan lainnya, serta bagi organisasi kemasyarakat maupun kepemudaan.

“Majelis taklim, pun tak luput akan diberikan kesempatan untuk mendapatkan penggunaan layanan gedung ini,” tutup Rakhmadi.

Sumber: 
DKPUS Babel
Penulis: 
Ahmad
Fotografer: 
Ahmad/Bagus
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
DKPUS