Primary tabs

Rakhmadi Tegaskan Tidak Ingin Kinerja DKPUS Seperti Tahun Lalu

DKPUSBABEL, PANGKALPINANG - Rakhmadi Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKPUS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menegaskan, dirinya tidak ingin lagi melihat kinerja DKPUS Babel seperti tahun-tahun lalu.

Hal itu disampaikan Rakhmadi usai memimpin Apel Pagi DKPUS Babel Senin (13/9/2021) yang diikuti seluruh pegawai DKPUS.

“Saya minta kinerja DKPUS jangan seperti tahun-tahun kemarin. Ternina bobokan, sehingga tidak mampu membangkitkan fungsi literasi yang harus kita berikan kepada masyarakat, supaya masyarakat lebih cerdas dan membawa hikmah dan dampak yang bearti bagi kehidupan mereka,” tegasnya.

Sampai dengan 2 September 2021 kemarin, Ia sudah tiga bulan bertugas di DKPUS. Makanya langkah-langkah yang sudah dilakukan adalah terhadap kedisiplinan pegawai, ini yang menjadi perhatian pokok selama WFH sedikit menghambat kegiatan pekerjaan, kinerja kantor.

“Saya berharap dengan situasi masuk kerja DKPUS yang sudah 100 persen terhitung 13 September ini, para pegawai untuk bekerja sebagaimana mestinya, dan membuat semua regulasi di DKPUS ini tidak mengalami hambatan seperti selama WFH,” ujarnya.

Ia juga meminta semua perencanaan terkait ada perubahan, itu kunci seluruh bidang dapat dilakukan kerja sama dengan cara komunikasi terbuka. “Jadi kunci dalam bekerja adanya komunikasi terbuka melalui bidang-bidang, muara akhirnya terekap di bagian perencanaan,” jelasnya.

Selain itu, bagaimana merubah suasana kinerja lambat yang tadinya belum optimal, DKPUS munculkan dengan berbagai program. Karena salah satu fungsi DKPUS adalah literasi. Makanya literasi inilah yang harus mengembangkan kinerja, buka sayapnya.

“Untuk itu, kita akan gelar webinar dengan pembicara Kepala Perpustakaan Nasional RI. Ini peluang sekaligus tantangan untuk kita wujudkan. Saya minta untuk evaluasi dan kinerja DKPUS jangan seperti tahun-tahun kemarin. Ternina bobokan, sehingga tidak mampu membangkitkan fungsi literasi yang harus kita berikan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Berkenaan dengan disiplin pegawai, ditambahkan Kepala DKPUS Babel, profesionalitas harus ditunjukkan.

“Jadi, saya akan melakukan punishment maupun rewardnya sesuai dengan aturan yang ada, yaitu meneggakkan Peraturan Pemerintah Nomor 53 tahun 2010 tentang disiplin pegawai yang ditur oleh Perka BKN No 21 tahun 2010. Saya akan professional menilai,” tegas Rakhmadi.

Kepada PHL jangan sekali-kali bekerja bermain kucing-kucingan. Tetap laksanakan kerja, karena mereka bagian yang mendukung fungsi kegiatan di DKPUS.

“PHL jangan coba-coba bermain mata atau kucing-kucingan dalam hal kerja. Saya tegas, tidak akan memberikan toleransi apabila terbukti melanggar ketentuan dan kewajiban mereka. Salah satu sangsinya saya tidak akan menandatangani perpanjangan kontraknya,” tutup Rakhmadi.

Sementara itu, meski kondisi cuaca sedang gerimis, Apel Perdana setelah masuk kerja hari pertama dengan jumlah pegawai 100 persen, Senin (13/9/2021), tetap dilaksanakan, dengan tempat apel di teras kantor DKPUS.

 

Sumber: 
DKPUS Babel
Penulis: 
Ahmad
Fotografer: 
Ahmad
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
DKPUS