Primary tabs

Sedekah Buku ke Perpusdes Rambat, Asyraf: Tamu Datang Kita Beri Buku

DKPUSBABEL, PANGKALPINANG – Kepala DKPUS Babel Asyraf Suryadin, Jumat (30/4/2021) bersedekah sebanyak kepada Perpustakaan Desa (Perpusdes) Taman Bacaan Masyarakat Rambat (TABAMAR), Kecamatan Simpang Teritip, Kabupaten Bangka Barat.

Tiga buku yang merupakan Cerita Rakyat Bangka dengan judul ‘Putri Gunung Kelumpang Air Limau’, ‘Sang Benyawe Sampai Ujung Penyusuk’, ‘Telaga Naga & Mak Per’, ditulis Asyraf Suryadin, dan satu buku ‘Sejarah Bangka Belitung Menjadi Provinsi’ ditulis Asyraf Suryadin bersama Tim.

Asyraf menjelaskan buku cerita rakyat ini ditulis karena keinginan mendekomentasikan tradisi lisan ke dalam bentuk buku yang selalu diharapkan masyarakat seperti halnya tradisi lisan di Babel.

“Cerita  Rakyat Bangka perlu diperkenalkan kepada pembaca, karena melalui bacaan tersebut diharapkan kita mampu mengambil manfaat dan kearifan dalam cerita demi cerita. Tidak hanya itu, kita dapat melestarikan cerita rakyat kepada generasi berikutnya, sehingga yang awalnya diungkap secara lisan dapat ‘hidup’ di masyarakat,” ujar Asyraf.  

Khusus untuk sedekah buku ke Perpusdes Rambat, menurut Asyraf, DKPUS Babel ingin memulai sebuah tradisi yang baik.

“Jadi, kalau ada tamu yang datang ke DKPUS Babel, maka akan diberikan buku yang bisa dipublikasikan melalui perpustakaan masing-masing. Kebetulan yang hadir hari ini ada dari Perpustakaan Desa Rambat, Kecamatan Simpang Teritip, Bangka Barat bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bangka Barat,” ungkapnya.

Sekretaris Desa (Sekdes) Rambat, Dewati mengucapkan terima kasih kepada Kadis DKPUS Babel Asyraf Suryadin yang menyumbangkan sebanyak empat buku untuk menambah koleksi buku Cerita Rakyat Bangka di Perpusdes Rambat.

Dikatakannya, saat ini pihaknya memang membutuhkan buku-buku cerita rakyat. Diakuinya, dari 2000 lebih judul buku yang dimiliki Perpusdes Rambat, yang ada buku-buku bidang Pertanian, Kelautan dan Perikanan, buku-buku cerita anak, da beberapa buku lainnya.

“Kami berharap selain sumbangan dari Pak Kadis DKPUS Babel ini, aka nada lagi sumbangan lainnya mengenai buku-buku local yang menceritakan tentang rakyat di Pulau Bangka ini,” harap Dewati.

Pemdes Rambat, katanya, untuk menambah koleksi buku-buku di Perpusdes Rambat, tiap tahun selalu memberikan anggaran dari APBDes Rambat, termasuk untuk mendukung Sarpras Perpusdes.

Sumber: 
DKPUS Babel
Penulis: 
Ahmad
Fotografer: 
Ahmad
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
DKPUS